Sukses

Begini Nasib Bocah Berkerudung yang Viral Lari Menghindari Awan Panas Semeru

Aksi bocah bernama Nurfida berlari kencang menyelamatkan diri dari awan panas guguran Gunung Semeru pada Sabtu 4 Desember 2021 lalu, viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Bencana letusan Gunung Semeru membawa duka bagi masyarakat sekitar, terutama yang tinggal di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Banyak video beredar saat kejadian menegangkan tersebut terjadi.

Salah satunya video viral sejumlah anak kecil yang berlarian menyelamatkan diri saat letusan Gunung Semeru terjadi. Video warga berlarian dengan latar belakang awan panas atau wedhus gembel Semeru ini juga sempat diunggah di akun Instagram Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Anggota DPR RI Fraksi NasDem, H Charles Meikyansah (HCM) yang turun langsung dalam misi kemanusiaan membantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru berkesempatan bertemu dengan salah seorang bocah yang viral tersebut.

"Masih ingat dengan adik kecil ini? Dia adalah salah satu saksi ketika Semeru erupsi," kata Charles dalam keterangan tertuisnya, Kamis (9/12/2021).

Bocah perempuan itu bernama Nurfida. Saat erupsi terjadi, bocah yang mengenakan kerudung warna hijau itu terlihat berlari sangat kencang menyelamatkan diri.

"Dan sekarang Alhamdullillah bersama keluarga aman dan sedang menetap untuk sementara waktu di Posko Balai Desa Sumbermujur, Candipuro," tutur dia.

Charles selaku Ketua DPD NasDem Lumajang bersama dengan rombongan DPD NasDem Kabupaten Probolinggo datang untuk menghibur sekaligus membantu apa yang dibutuhkan anak-anak korban erupsi Semeru.

Trauma healing kepada anak-anak menjadi salah satu fokus bantuan yang diberikan NasDem. Selain juga menyerahkan bantuan materi dan kebutuhan pokok. NasDem juga mendirikan posko darurat dan dapur umum bagi para korban erupsi Semeru.

"Tetap tersenyum ya adik cantik. Masa depan gemilang Insyaallah ada di genggaman," ungkap Charles.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral di Medsos

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan detik-detik Gunung Semeru erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021 viral di media sosial.

Dalam video itu, sekelompok anak yang sedang berangkat mengaji berlarian menyelamatkan diri menjauhi titik erupsi. Kini anak-anak tersebut sudah berada di posko pelayanan darurat bersama keluarga tercintanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.