Sukses

3 Janji Jokowi Usai Tinjau Langsung Lokasi Terdampak Letusan Gunung Semeru

Presiden Jokowi pada Selasa 7 Desember 2021 meninjau langsung lokasi terdampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Selasa 7 Desember 2021 meninjau langsung lokasi terdampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dalam kunjungannya, Jokowi menyampaikan sejumlah janji bagi mereka warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Salah satunya, Jokowi memastikan pemerintah segera melakukan relokasi 2.000 rumah yang hancur akibat amukan awan panas Semeru.

"Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000-an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semua sudah siap," jelas Jokowi dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 7 Desember 2021.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru.

"Tadi di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa, dengan pengungsi juga tertangani dengan baik. Baik berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih juga kondisinya mulai membaik," kata Jokowi.

Berikut 3 janji Jokowi saat tinjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Segera Relokasi 2.000 Rumah yang Rusak

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa 7 Desember 2021.

Dia memastikan pemerintah segera melakukan relokasi 2.000 rumah yang hancur akibat erupsi Gunung Semeru.

"Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000-an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan sgera kita bangun. Saya kira semua sudah siap," jelas Jokowi dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 7 Desember 2021.

 

3 dari 5 halaman

2. Beri Santunan ke Ahli Waris Korban Meninggal

Selain melihat dapur umum, Jokowi juga menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru.

Selain itu, Jokowi juga meninjau Posko Pelayanan Kesehatan dan bertemu anak-anak yang ada di lokasi pengungsian itu.

Dari foto yang diberikan Sekretariat Presiden, Jokowi tampak berbincang dengan para korban terdampak dan memberikan makanan untuk mereka.

"Tadi di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa, dengan pengungsi juga tertangani dengan baik. Baik berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih juga kondisinya mulai membaik," kata Jokowi.

 

4 dari 5 halaman

3. Prioritaskan Perbaikan Infrastruktur

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi mengatakan, dirinya ingin memastikan beberapa hal yang perlu diprioritaskan untuk penanganan tanggap darurat, seperti pencarian korban dan proses evakuasi serta ketersediaan logistik bagi masyarakat terdampak dan pengungsi.

Termasuk juga, kata dia, rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru.

"Kita berharap semua sudah bisa dimulai, baik itu perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan memang berbahaya untuk dihuni kembali," jelas Jokowi.

5 dari 5 halaman

Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.