Sukses

Sejumlah Penambang Pasir Luka Bakar Terkena Lahar Panas Gunung Semeru

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah penambang pasir di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, mengalami luka bakar akibat terkena lahar panas Gunung Semeru.

Dusun Kampung Renteng merupakan salah satu kawasan yang terdampak paling parah abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru. Lahar panas bercampur abu menutupi hampir semua kawasan tersebut.

Seperti dikutip dari Nolarindo.com, Dusun Kampung Renteng yang berjarak sekitar dua kilometer dari Sungai Rojali tersebut tertimbun abu vulkanik. Abu vulkanik mengalir dari jalan desa, sehingga akses ke dusun lainnya terputus.

Sejumlah korban yang terluka bakar akibat erupsi Semeru dibawa ke Rumah Sakit Pasirian, Lumajang, untuk mendapatkan penanganan medis. Rata-rata, korban merupakan sopir truk pasir di kawasan tersebut.

“Sementara belum terdeteksi ada berapa jumlah warga sini yang terluka. Tetapi ada tiga warga dengan kulit terkena lahar panas. Mereka sopir dari luar desa,” ujar Sekretaris Desa Sumberwuluh, Samsul Arifin, Sabtu (4/12/2021).

“Informasinya di dusun Kampung Renteng masih ada warga yang terjebak di sana,” pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Imbauan Gubernur Khofifah

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta warga di sekitar Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke lokasi yang aman menyusul kejadian erupsi yang terjadi di gunung itu pada Sabtu, 4 Desember 2021.

"Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat," imbaunya lewat akun Instagram pribadi Khofifah, Sabtu (4/12/2021).

Khofifah memastikan BPBD Provinsi Jawa Timur sudah dikerahkan ke lokasi. Ia juga mengatakan akan ke lokasi pada Sabtu malam ini.

"Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan doa mugi selamet sedoyo," katanya.

Dalam sebuah video yang diunggah Khofifah terlihat awan kelabu membumbung tinggi menyelimuti Gunung Semeru di Jawa Timur. Awan itu menutupi seluruh badan dan puncak gunung seakan menelan seluruh gunung.