Sukses

Alami Kecelakaan, Transjakarta Hentikan Operasional 2 Operator Ini

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta menghentikan operasi bus dari operator Steady Safe dan Mayasari Bakti. Hal tersebut dilakukan menyusul rentetan kecelakaan armada bus Transjakarta pada Kamis 2 Desember dan Jumat 3 Desember 2021.

Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya menyampaikan, bus Transjakarta yang mengalami insiden kecelakaan merupakan milik kedua operator tersebut.

"Kita melakukan pemberhentian operasi terhadap dua operator di Steady Safe kurang lebih ada 119 kendaraan dan di Mayasari Bakti ada 110 kendaraan yang jenisnya sama kemarin dengan yang melakukan kecelakaan dan kendaraan ini (akan) diinspeksi dan sehingga tidak terjadi pengulangan-pengulangan," ujar Yana di Jakarta, Sabtu (4/12/2021).

Dia menjelaskan, selama proses penghentian, maka pihaknya akan mengecek seluruh armada dari kedua operator bus itu.

"Mulai dari steering, engine transmisi dan semua teknis kendaraan dan kedua pengecekan fisik dan mental pengemudi. Jadi kita meminta pada mereka untuk melakukan pengecekan tersebut," papar Yana.

Dia juga mengaku pihaknya kini tengah memperbaiki standar operasional prosedur (SOP) berkendara para pengemudi Transjakarta. Karena, kata Yana, ditakutkan masih banyak pengemudi yang abai terhadap SOP dalam berkendara.

"Mungkin barangkali banyak juga di pengemiudi-pengemudi kita meletakkan barang-barang pribadi di kabinnya. Jadi kita sudah lakukan coba perbaikan mulai dari kemarin malam dan kemudian dari pengemudi tidak mengebut ini penting," tandas Yana.

 

2 dari 2 halaman

Minta Maaf

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya menyampaikan permintaan maaf atas sejumlah kecelakaan busnya.

Terakhir, bus Transjakarta kecelakaan dalam dua hari berturut-turut, yakni pada Kamis 2 Desember dan Jumat 3 Desember 2021.

"Bapak Ibu sekalian dan rekan-rekan semua saya atas nama direksi dari PT Transjakarta memohon maaf terkait adanya kecelakaan di hari Kamis dan Jumat kemarin. Oleh sebab itu kami saat ini sedang berupaya keras untuk melakukan perbaikan-perbaikan," ujar Yana Aditya di Jakarta, Sabtu (4/12/2021).

Menurut dia, pihaknya kini telah menggandeng Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengaudit menyeluruh keamanan operasional Transjakarta.

"Mungkin barang kali minggu depan sudah berjalan kita akan melakukan audit menyeluruh terkait dengan keamanan operasi di TJ," jelas Yana.