Sukses

Hartati: Persahabatan dengan Ayin Apa Mau Diakhiri?

Mantan anggota Dewan Pembina Demokrat (PD) Siti Hartati Murdaya menuding ada yang mengadu domba dirinya dengan pengusaha Artalyta Suryani alias Ayin.

Mantan anggota Dewan Pembina Demokrat (PD) Siti Hartati Murdaya menuding ada yang mengadu domba dirinya dengan pengusaha Artalyta Suryani alias Ayin. Adu domba itu terkait lahan miliknya yang oleh Bupati Buol Amran Batalipu diberikan kepada perusahaan milik keluarga Ayin, PT Sonokeling.

"Saya dan Artalyta itu kan sudah lama bersahabat baik. Besan dia juga besan saya. Kenapa saya diganggu-ganggu di Buol? Apa ingin mengakhiri persahabatan itu?" cetus Hartati kepada saksi, Saiful Rizal yang merupakan Direktur Utama PT Sonokeling di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (20/12/2012).

Merasa dituduh, Saiful pun tersinggung dengan pernyataan Hartati tersebut. Menurut Saiful, urusan penggarapan lahan di Buol yang dilakukan perusahaannya sudah melalui proses yang benar. Menurutnya, hal itu tidak ada kaitannya dengan Ayin, karena PT Sonokeling bukan perusahaan milik Ayin, melainkan anaknya, Romy Darmawan.

"Ini tidak ada kaitannya dengan Ibu (Artalyta Suryani). Ini urusan Romy Darma, bukan urusannya Ibu Artalyta. Ya kalau Ibu beranggapan seperti itu ya silahkan. Kami masuk ke Buol melalui kajian teknis," tukas Saiful.

Direktur Utama PT Hardaya Inti Plantation Hartati Murdaya didakwa telah menyuap Bupati Buol Amran Batalipu. Dia didakwa telah memberi uang sebesar Rp 3 miliar kepada Amran. Menurut jaksa, pemberian dilakukan secara bertahap melalui anak buahnya. Pertama, pemberian lewat Gondho Sudjono dan Yani Anshori sebesar Rp 2 miliar. Lalu pemberian kedua sebesar Rp 1 miliar.(Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.