Sukses

Pesan Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI Baru

Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku bersyukur usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Panglima TNI.

Liputan6.com, Jakarta Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku bersyukur usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Panglima TNI.

Menurut dia, hal itu adalah sebuah kehormatan luar biasa untuk mengemban amanah sebagai kepala kemiliteran di Indonesia.

"Ini suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia dan dukungan dari DPR RI sehingga akhirnya saya bisa dilantik," kata Andika di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Dia menuturkan akan melanjutkan program kerja yang sudah dilaksanakan dengan baik oleh pendahulunya, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Andika menilai banyak hal baik yang perlu dilanjutkan dan dievaluasi.

"Program kerja kita akan melanjutkan secara umum karena kita sudah dibatasi ruang-ruang yang sudah dicantumkan UU 34 tahun 2004 dan saya akan terus tapi memang detailnya saja dari tiap tugas itu yang perlu sedikit evaluasi," jelas dia.

Andika berharap, seluruh TNI bisa terus menjadi bagian satu kesatuan dengan rakyat. Seperti semangan atas misi yang dibawanya, bahwa TNI adalah kita.

"Saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri dan kita semua di tengah keluarga teman maupun sanak saudara kita semua, karena kita adalah bagian dari mereka," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmi Dilantik

Presiden Jokowi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Berdasarkan pantauan di lokasi, Andika Perkasa dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106 tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Keppres dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Tonny Harjono.

"Memberhentikan dengan hormat Marsekal Hadi Tjahjanto dari jabatan Panglima TNI disertai ucapan terima kasih dan pengabdian jasa yang telah disumbangkan kepada bangsa RI selama memangku jabatan tersebut," kata Sekretaris Militer Presiden membaca salinan Keppres.

"Mengangkat Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Keppres mulai berlaku sejak pelantikan pejabat," sambung dia.

Jokowi lalu memimbing Andika Perkasa mengucapkan sumpah jabatan Panglima TNI. Dia berjanji akan dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerka sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Andika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.