Sukses

Kata Mensesneg soal Kasad Pengganti Jenderal Andika Perkasa

Presiden Jokowi memilih Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Lalu siapakah sosok yang akan menggantikan Andika sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat?

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. Lalu siapakah sosok yang akan menggantikan Andika sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat?

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan belum ada pemilihan Kasad pengganti Andika. Namun, dia memastikan pengisian jabatan Kasad segera disiapkan.

"Belum, nanti ada saat pergantian panglima pelantikan nah itu tentu saja harus segera pengisian Kasad yang baru," kata Pratikno di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11/2021).

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengirim surat presiden (surpres) mengenai pergantian calon Panglima TNI kepada pimpinan DPR RI pada hari ini, Rabu (3/11/2021). Jokowi telah memilh Jenderal Andika Perkasa sebagai panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Jenderal TNI Andika Perkasa," kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat jumpa pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Selanjutnya

Puan menyebut bahwa pergantian panglima TNI adalah suatu hal yang harus dilakukan. Kemudian, dilakukan mekanisme di DPR, sehingga bisa dilakukan fit and proper test.

Dia berharap, TNI ke depan dapat merespons dinamika geopolitik. Serta medan perang baru yang dapat mengancam kehidupan bangsa.

"Bahwa Panglima bapak TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 ini," ucapnya. 

"Presiden hanya mengusulkan nama satu calon Panglima ke DPR RI untuk mendapatkan persetujuannya," tandas Puan. 

 

Reporter: Muhammad Genantan

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.