Sukses

Menkes Berharap Kekebalan Komunal Terhadap Covid-19 Bisa Tercapai Akhir Tahun Ini

Budi berharap, pada akhir tahun ini Indonesia bisa mencapai angka hingga 300 juta suntikan. Dengan begitu, capaian kekebalan komunal akan bisa terwujud.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, tindak lanjut vaksinasi Covid-19 dalam evaluasi mingguan PPKM berjalan semakin baik. Perkembangan terakhir, menurut data yang diterima Budi, angka vaksinasi Covid-19 untuk keseluruhan sudah mencapai 194 juta suntikan.

"Kita harapkan minggu ini bisa menyentuh 200 juta suntikan. Karana tiap 5 minggunya, kita nambah 50 juta suntikan," kata Budi saat jumpa pers daring, Senin (1/11/2021).

Budi merinci, sebanyak 119 juta suntikan atau 57 persen dari total vaksinasi Covid-19 sudah mendapatkan dosis pertama. Kemudian sisanya atau 73,3 juta suntikan sudah melengkapi dua dosis atau sekira 35 persen dari total suntikan keseluruhan.

Budi berharap, pada akhir tahun ini Indonesia bisa mencapai angka hingga 300 juta suntikan. Dengan begitu, capaian kekebalan komunal akan bisa terwujud.

"Akhir tahun dosis pertama sebanyak 168 juta orang atau 80,9 persen yang lengkap dosis kedua adalah 123 juta orang atau 59 persen," Budi menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Gelombang Ketiga

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan para menterinya untuk terus waspada dan berhati-hati terhadap datangnya gelombang tiga Covid-19. Pasalnya, saat ini ada 105 kabupaten/kota yang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

"Presiden terus mengingatkan kepada kami semua agar terus waspada dan berhati-hati akan datangnya Gelombang selanjutnya. Hal tersebut berkaitan dengan adanya peningkatan kasus di 105 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia," tutur Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam konferensi pers usai rapat bersama Presiden Jokowi, Senin 25 Oktober 2021.

Menurut dia, Jokowi mengingatkan para menteri untuk memperhatikan 105 kabupaten/kota tersebut secara lebih mendetail. Jokowi juga meminta agar segera menurunkan tim di lapangan untuk segera melakukan Intervensi diwilayah tersebut.

"Dan itu sudah kita lakukan minggu lalundan sekarang kita lakukan lagi sesuai tadi perintah presiden," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.