Sukses

Sejumlah Wilayah di Indonesia Diperkirakan Diguyur Hujan Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Sabtu (23/10/2021) hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat akan mengguyur sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Menurut informasi prakiraan cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat disertai angin kencang dan kilat berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Hujan lebat disertai angin kencang dan kilat juga diprakirakan terjadi di bagian wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan turun di bagian wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Di Ibu Kota, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari.

BMKG juga menyampaikan peringatan mengenai potensi bencana banjir di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat.

 

 

2 dari 2 halaman

Faktor Sirkulasi Siklonik

Menurut BMKG, peningkatan potensi hujan di sejumlah wilayah provinsi terjadi akibat sirkulasi siklonik yang terpantau di Teluk Thailand, Kepulauan Bangka Belitung, dan Samudera Pasifik utara Halmahera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin atau konvergensi.

Daerah konvergensi terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga perairan timur Riau, Samudra Hindia barat Banten, perairan utara Papua, dan Papua.

Keberadaan daerah konvergensi meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi.