Sukses

Iwapi DKI-Roemah Indonesia di Belanda Sepakati MoU, UMKM Siap Go Internasional

Kesepakatan dengan Roemah Indonesia ini bakal jadi jalan pembuka bagi UMKM Indonesia bisa go internasional.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 yang mendera dunia nyaris dua tahun, memang berimbas ke mana-mana. Tapi, seiring berjalannya waktu, masyarakat dunia sudah mulai berdamai dengan keadaan.

Sinyal damai ini pun ditangkap Ketua Iwapi (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) DKI Jakarta, Endah Ansoeroeddin. Pembicaraan Endah dengan Founder Roemah Indonesia di Belanda, Tantri Soecipto sejak tahun lalu, akhirnya bisa diwujudkan lewat penandatanganan MoU.

Kesepakatan lewat MoU antara Iwapi DKI Jaya dan PT Roemah Indonesia pun dilakukan di markas Iwapi DKI di Dapur Sunda, Cipete, Jakarta Selatan, Jumat (22/10/2021) siang.

Hadir pada MoU itu Endah Ansoeroeddin, Wakil Ketua Bidang Perdagangan Titiek Suryanti, Tantri Soecipto, Pembina Rumah Indonesia Gati Wibawaningsih, Direktur Rumah Indonesia Dindin Mediana, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, Ketua Umum DPP Iwapi Dyah Anita Prihapsari yang lebih dikenal dengan Nita Yudi. Juga Dewan Kehormatan Iwapi DKI Melanie Leimena Suharli yang hadir lewat zoom.

"Ini merupakan bagian dari tanggung jawab saya terhadap semua anggota Iwapi DKI agar mereka bisa memasarkan produknya dan juga bisa go internasional sampai ke Belanda dan juga seluruh Eropa. Kerja sama ini juga suatu kebanggaan buat kami karena merupakan bentuk dukungan kami terhadap pemerintah dalam membantu pemulihan ekonomi," jelas Endah.

Harapan Endah dan tentu saja seluruh anggota Iwapi DKI yang hadir, kesepakatan dengan Roemah Indonesia ini bakal jadi jalan pembuka bagi UMKM Indonesia bisa go internasional.

Endah juga menjelaskan kalau Iwapi DKI bersama Roemah Indonesia sudah mengkurasi UMKM yang bisa melakukan ekspor ke Belanda.

"Ada 4 UMKM yang sudah lolos dan dalam waktu dekat akan segera menuju Belanda untuk memasarkan produk mereka. Kurasi dilakukan setiap dua pekan. Jadi, nanti ke depan akan ada lagi yang lolos. Ini pertama kali dan harapan kami semua lancar," tambah Endah.

Tantri yang berkesempatan menjelaskan secara global bagaimana tips terbaik memasarkan produk UMKM ke Belanda kepada ibu-ibu Iwapi DKI yang hadir juga mengaku senang dengan kerja sama ini. Menurutnya, Roemah Indonesia adalah tempat untuk semua yang berkaitan dengan Indonesia baik itu ekonomi maupun budaya bisa dipasarkan.

"Harapan saya, kerja sama ini akan memberi semangat dan motivasi tersendiri bagi UMKM agar mampu meningkatkan kualitas, terutama bisa memenuhi standar Eropa jika ingin menembus pasar internasional," kata Tantri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Beragam Tips

Anggota Iwapi DKI pun makin bersemangat saat diberikan pengarahan oleh Kadis PPKUKM, Elisabeth Ratu Rante Allo soal bagaimana memasarkan produk-produk UMKM mereka dan beragam tips hingga Jakpreneur.

Sementara, Ketua Umum DPP Iwapi, Nita Yudi pun menyatakan rasa bangganya dengan adanya MoU antara Iwapi DKI dan Roemah Indonesia ini.

"Alhamdulilah dengan kerja sama ini, Roemah Indonesia memberikan kesempatan luas kepada produk-produk Indonesia bisa dipasarkan ke Belanda, khususnya UMKM anggota Iwapi DKI Jakarta," tutur Nita.

Dalam kesempatan itu juga hadir Ketua Umum DPC dari lima wilayah DKI Jakarta (Selatan, Barat, Utara, Pusat, Timur) yaitu Esty Martono, Elly Ramli, Isye Faizah, Ida Maille dan Khoe Ribka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.