Sukses

Kemendagri Pastikan Pansel Calon Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027 Bekerja Independen

Akan ada 14 nama calon anggota KPU dan 10 nama calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027 yang diserahkan ke presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar memastikan, tim panitia seleksi anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027 bekerja secara independen. Menurut Bahtiar, hasil dari uji seleksi akan diteruskan kepada Presiden Jokowi.

"Tim seleksi ini sama dengan 5 tahun sebelumnya, bekerja secara independen dan tugasnya adalah melaporkan hasilnya ke bapak presiden," kata Bahtiar di Lobby Gedung A Kemendagri Jakarta, Senin (11/10/2021).

Bahtiar menjelaskan, tahapan kegiatan yang dilakukan timnya kepada para calon anggota KPU dan Bawaslu yang hendak diseleksi. Pertama, mengumumkan tanggal pendaftaran calon anggota, kedua menerima pendaftaran, dan ketiga melakukan penelitian administrasi berkas dari para pelamar.

"Jadi nanti ada masa pendaftaran, nanti jadwalnya tentu akan diputuskan oleh kami," jelas Bahtiar.

Hasil dari penelitian berkas, sambung Bahtiar, akan diumumkan sebagai syarat melakukan seleksi tes tertulis kepada para pelamar.

"Setelahnya mereka juga akan melakukan tes kesehatan, serangkaian tes psikologi, hingga diumumkannya nama daftar bakal calon yang lulus tes tertulis, tes kesehatan dan psikologi untuk mendapatkan masukan dan tanggapan masyarakat," rinci Bahtiar.

Pansel, sambung Bahtiar, akan melakukan wawancara terhadap mereka yang dinyatakan lolos tes awal tersebut. Totalnya, akan ada 14 nama calon anggota KPU masa jabatan 2022-2027 dan 10 nama calon anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027.

"Kami menyampaikan 14 nama calon anggota dan KPU dan 10 nama calon Bawaslu tersebut kepada bapak presiden, nanti oleh bapak presiden dilanjutkan kepada DPR," tandas Bahtiar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar nama pansel

Berikut Panitia Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu:

1. Ketua merangkap anggota: Juri Ardiantoro

2. Wakil ketua merangkap anggota: Chandra M Hamzah

3. Sekretaris merangkap anggota : Bahtiar (Dirjen Polpum Kemendagri)

Anggota Pansel:

1. Edward Omar Sharif Hiariej

2. Airlangga Pribadi Kusman

3. Hamdi Muluk

4. Endang Sulastri

5. I Dewa Gede Palguna

6. Abdul Ghaffar Rozin

7. Betti Alisjahbana

8. Poengky Indarty

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.