Sukses

7 Calon Hakim Agung Akan Dibawa ke Rapat Paripurna DPR Hari Ini

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry, mengatakan tujuh nama calon Hakim Agung telah disepakati seluruh fraksi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry, mengatakan tujuh nama calon Hakim Agung telah disepakati seluruh fraksi. Rencananya, ketujuh calon tersebut akan dibawa dalam rapat paripurna hari ini untuk diambil keputusan.

"Komisi III telah melaksanakan proses fit and proper test secara transparan dan bisa disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia," kata Herman dalam keterangan diterima, Selasa (21/9/2021).

Herman pun menyatakan selamat kepada tujuh calon tersebut dan berharap kinerja mereka dapat menjawab apa yang diinginkan rakyat Indonesia dalam menegakkan hukum.

"Komisi III mengucapkan selamat bekerja kepada para Yang Mulia Hakim Agung yang terpilih. Sebagai Hakim tertinggi, semoga selalu menjadi benteng dalam menjaga aspirasi keadilan seluruh masyarakat Indonesia," jelas Herman.

Sebagai informasi, Komisi III DPR RI telah selesai melaksanakan rapat pleno pengambilan keputusan menetapkan tujuh calon Hakim Agung pagi hari ini.

Ada 11 calon Hakim Agung telah melaksanakan uji kelayakan pada 20-21 September 2021 dan diperoleh 7 nama sebagai hasil yang disepakati pada Tingkat I di Komisi III.

"Tentunya setiap fraksi memiliki penilaian sendiri dalam menilai setiap calon. Tetapi, kami telah sepakat dalam proses ini kami berfokus pada tiga aspek, yaitu pemahaman calon terhadap tugas dan fungsi sebagai Hakim Agung, integritas calon, dan rekam jejak," Herman memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Calon Hakim Agung

Berikut Ketujuh Nama Calon Tersebut:

1. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

2. Jupriyadi, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

3. Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

4. Suharto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

5. Yohanes Priyana, S.H., M.H. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana)

6. Dr. H. Haswandir, S.H., M.Hum., M.M. Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata)

7. Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, S.H., M.Kn. (Sebagai Calon Hakim Kamar Militer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.