Sukses

Ada 41 Juta Dosis Vaksin Covid-19 yang Belum Disuntikan

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini ada 41 juta dosis vaksin Covid-19 yang belum disuntikan ke masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat ini ada 41 juta dosis vaksin Covid-19 yang belum disuntikan ke masyarakat.

Dia pun menyayangkan hal tersebut sebab banyak masyarakat yang ingin divaksin.

"Dalam kaitannya dengan vaksinasi, data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan ada 41 juta dosis vaksin yang saat ini ada pada stock provinsi dan kabupaten/kota yang belum disuntikkan," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (13/9/2021).

"Hal ini tentu saja sangat disayangkan mengingat animo masyarakat sangat tinggi untuk vaksinasi," sambungnya.

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah memasukkan capaian vaksinasi sebagai salah satu indikator penurunan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di suatu daerah.

Adapun suatu daerah bisa turun dari PPKM level 3 ke level 2 apabila cakupan vaksinasi Covid-19 dosis 1 mencapai 50 persen dan cakupan vaksinasi lansia mencapai 40 persen.

"Cakupan vaksinasi dosis 1 harus mencapai 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen sebagai syarat tambahan untuk bisa turun dari level 2 ke level 1," jelas Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Dua Minggu

Sementara untuk kota-kota yang saat ini berada pada PPKM Level 2, akan diberikan waktu selama dua minggu untuk dapat mengejar target di atas. Jika tidak bisa dicapai, maka daerah tersebut akan kembali masuk ke PPKM level 3.

"Pencapaian target cakupan vaksinasi yang disebutkan di atas sangat penting mengingat vaksin sudah terbukti melindungi kita dari sakit parah yang membutuhkan perawatan Rumah Sakit atau kematian terutama untuk para lansia," tutur Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.