Sukses

Maluku-Papua Duduki Peringkat Keempat Penyumbang Kasus Covid-19 Nasional, Satgas Sarankan Ini

Ia meminta kepada seluruh pimpinan daerah di kedua wilayah itu agar fokus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan ketersediaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Maluku dan Papua menduduki posisi keempat penyumbang kasus aktif Covid-19 nasional. Hal itu disampaikan Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring, Jumat, 10 September 2021.

Wiku mengatakan, kasus aktif di kedua wilayah tersebut mencapai 8,6 persen. Posisi keempat ini menjadi sorotan Satgas Covid-19. Pasalnya posisi keempat ini di saat kedua wilayah itu menduduki peringkat terakhir dalam hal jumlah kasus positif, kematian dan kasus sembuh.

Padahal peringkat kasus aktif di pulau lain berbading lurus dengan peringkat kasus positif, kematian dan sembuhnya.

"Ini artinya perlu fokus khusus pada penanganan pasien Covid-19 yang masih sakit di Pulau Maluku dan Papua untuk dapat segera sembuh," katanya.

Ia meminta kepada seluruh pimpinan daerah di kedua wilayah itu agar fokus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan ketersediaan sarana dan prasarana fasilitas pelayanan kesehatan.

"Sinkronisasi data antara pusat dan daerah juga perlu terus diupayakan agar data perkembangan Covid-19 di wilayahnya dapat akurat," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyumbang Kasus Aktif

Pulau Jawa Bali masih menjadi penyumbang kasus aktif Covid-19 terbesar secara nasional. Wiku menjabarkan urutannya sebagai berikut:

1. Jawa dan Bali 40 persen

2. Sumatra 30,07 persen

3. Kalimantan 10,94 persen

4. Maluku Papua 8,6 persen

5. Sulawesi 8,2 persen

6. Nusa Tenggara 2,18 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.