Sukses

PAN Gabung Koalisi Jokowi, PKB: Memang Lebih Baik Bersama-sama

Bergabungnya PAN dinilai dapat meringankan gejolak dan kondisi masyarakat, mulai dari sosial ekonomi kesehatan akibat pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberikan dukungan terhadap Partai Amanat Nasional (PAN) yang bergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, koalisi partai pendukung pemerintah menyangkut soal pertemanan.

"Apalagi sekarang keadaan kita sedang sulit, pemerintahan menghadapi Covid-19 ini memang tidak mudah makanya butuh kekompakan dan dukungan dari berbagai pihak," ujar pria yang karib disapa Gus Jazil ini dalam siaran pers diterima, Kamis (26/8/2021).

Gus Jazil mengatakan, tahun ini dan tahun depan bakal menjadi momentum penting secara politik menjelang berakhirnya masa kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf pada 2024. Bergabungnya PAN, dinilai dapat meringankan gejolak dan kondisi masyarakat, mulai dari sosial ekonomi kesehatan akibat pandemi.

"Jadi saya yakin mestinya memberikan apresiasi dukungan terhadap silaturahim yang dilakukan para elite parpol koalisi di Istana Negara," jelas dia.

Gus Jazil meyakini, pertemuan para petinggi parpol keoalisi tersebut setidaknya memberikan pesan positif kepada masyarakat bahwa di tengah kondisi sulit saat ini, para elite politik sudah duduk bersama dalam satu meja.

"Tentu kita tunggu apa kira-kira kebijakan berikutnya dari pertemuan ini. Kami dari awal memang sebaiknya PAN lebih baik bersama-sama. Bagi PKB, dari awal tidak pernah cari musuh. Bagi PKB, seribu teman itu terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak," pungkas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viva Yoga: Kehadiran Zulkifli saat Pertemuan Jokowi dan Parpol Tegaskan PAN Dukung Pemerintah

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, kehadiran Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan koalisi partai politik untuk menegaskan partainya sebagai pendukung pemerintah. 

"Hadir sebagai partai koalisi pendukung pemerintah," kata Viva Yoga seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Rabu malam (25/8/2021).

Dia mengatakan, sejak PAN dipimpin Zulkifli Hasan partainya berkoalisi dengan pemerintah. Menurut dia, pertemuan para pimpinan parpol tersebut tidak membicarakan terkait komposisi kabinet karena merupakan kewenangan dan hak prerogatif Presiden.

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, Zulkifli memberi masukan kepada Presiden Jokowi terkait penanganan pandemi Covid-19.

"PAN mendukung penanganan pemerintah soal pemberantasan pandemi Covid-19, terutama soal kebijakan PPKM, protokol kesehatan, dan mempercepat program vaksinasi untuk dapat menciptakan kekebalan kelompok atau 'herd immunity," ujarnya.

Selain itu menurut dia, PAN mendukung pemerintah dalam mempercepat program pemulihan ekonomi nasional melalui bantuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan kebijakan ekonomi yang dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi nasional. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.