Sukses

5 Hal Ini yang Dibahas Jokowi Bersama Elite Partai Koalisi dan PAN

Dia menjelaskan, pertemuan elite partai koalisi membahas sejumlah hal serius tentang situasi nasional.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika sekaligus Sekjen Partai Nasdem Johnny G Plate menyampaikan isi dari pertemuan para elite partai koalisi Indonesia Maju dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut Johnny, Jokowi sendiri yang membuka dan menyampaikan isi materi rapat.

"Pertemuan dibuka oleh Bapak Presiden, diawali pengantar yang menyampaikan fokus pembicaraan," kata Johnny dalam keterangan persnya di rumah dinas kementerian, Jakarta, Rabu (25/8/2021) malam.

Dia menjelaskan, pertemuan elite partai koalisi membahas sejumlah hal serius tentang situasi nasional. Namun demikian, semua tetap dalam fokus ke dalam tema pembicaraan.

"Pertemuan dilakukan dalam suasana yang sangat penuh keakraban namun tetap fokus dengan lima topik pembicaraan," ungkap Johnny.

Menurut dia, ada lima topik utama pembicaraan yang dibahas dalam pertemuan dengan tujuh ketua umum dan sekjen parpol koalisi itu.

Lima poin pembicaraan itu adalah:

1. Perkembangan dan evaluasi penanganan Covid-19, di mana Jokowi menjabarkan capaian-capaian, tantangan-tantangan dan benchmark-benchmark yang dilakukan Pemerintah.

2. Perekonomian nasional, Jokowi menjabarkan capaian-capaian dan tantangan-tantangan ekonomi nasional.

3. Strategi ekonomi dan bisnis negara, Jokowi meminta dukungan untuk berpindah dari ekonomi konsumtif ke ekonomi produktif, khususnya sektor pertambangan, pertanian dan ekonomi hijau.

4. Ketatanegaraan, otonomi daerah dan sistem pemerintahan. Jokowi menjabarkan perlunya evaluasi sistem otonomi daerah dan perundangan yang saat ini dirasa menyulitkan dalam hal mengambil keputusan di situasi kritis.

5. Ibu Kota baru, Jokowi menjabarkan perlunya ibu kota negara baru. Namun pemindahan perlu dilakukan dengan legislasi primer yang memadai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Ketum dan Sekjen

 

Berikut elite partai koalisi yang hadir di Istana bertemu Jokowi:

PDIP: Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto

Gerindra: Ketua Umum Prabowo dan Ahmad Muzani

Golkar: Ketua Umum Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewijk Paulus

NasDem: Ketua Umum Surya Paloh dan Sekjen Johnny G Plate

PKB: Ketua Umum Muhaimin Iskandar dan Sekjen Hasanuddin Wahid

PPP: Ketua Umum Suharso Monoarfa dan Sekjen Arwani

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.