Sukses

Jokowi Sebut Tempat Ibadah Boleh Buka Maksimal 30 Orang

Jokowi menyampaikan tempat ibadah diperbolehkan buka dengan kapasitas maksimal 30 orang.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan tempat ibadah diperbolehkan buka dengan kapasitas maksimal 30 orang, mulai 24 sampai 30 Agustus 2021.

Hal ini seiring diperpanjangnya PPKM yang didukung angka kasus Covid-19 yang menurun.

"Tempat ibadah diperbolehkan untuk kegiatan ibadah maksimal 25 persen dari kapasitas atau maksimal 30 orang," ucap Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021).

Menurut dia, pelonggaran aktivitas masyarakat ini didasarkan pada kasus positif Covid-19 yang terus menurun hingga di angka 78 persen. Kemudian, angka kesembuhan secara konssiten juga lebih tinggi dibanding penambahan kasus konfirmasi positif selama beberapa minggu terakhir.

"Hal ini berkontribusi secara signfikan terhadap penurunan keterisian tempat tidur. BOR nasional yang saat ini berada di angka 33 persen," jelas Jokowi.

Untuk itu, pemerintah memutuskan PPKM di beberapa wilayah turun menjadi level 3, mulai 24 hingga 30 Agustus 2021. Salah satunya, wilayah Jakarta ,Bogor Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Untuk Pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung raya, surabaya raya dan beberapa wilayah kota kabupaten lainnya sudah bisa berada di level 3 mulai tanggal 24 Agustus 2021," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Wilayah

Jokowi menuturkan saat ini hanya ada 51 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level 4. Adapun wilayah Level 3 berkurang dari 59 kabupaten/kota menjadi 67 kabupaten/kota.

Disisi lain, daerah yang menerapkan PPKM level 2 bertambah dari 2 kabupaten/kota menjadi 10 kabupaten/kota. Di luar Jawa-Bali, daerah yang ditetapkan level 4 berkurang dari 132 kabupaten/kota menjadi 104 kabupaten/kota.

Sementara itu, daerah di luar Jawa-Bali yang menerpkan PPKM level 3 menjadi 234 kabupaten/kota. Sedangkan, daerah PPKM level 2 dari 39 kabupaten/kota bertambah menjadi 48 kabupaten/kota

"Untuk luar Jawa dan Bali juga ada perkembangan yang membaik tapi tetap harus waspada," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM adalah peraturan yang muncul sejak adanya pandemi Covid-19.
    Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM adalah peraturan yang muncul sejak adanya pandemi Covid-19.

    PPKM diperpanjang

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM