Sukses

Kronologi Penelusuran Sumbangan Bilyet Giro Rp 2 Triliun Keluarga Akidi Tio

Polri membeberkan kronologi pemberian sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio untuk penanganan Covid-19 yang akhirnya hingga kini menjadi polemik dan diusut polisi.

Liputan6.com, Jakarta Polri membeberkan kronologi pemberian sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga Akidi Tio untuk penanganan Covid-19 yang akhirnya hingga kini menjadi polemik dan diusut polisi.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pada 26 Juli 2021, keluarga Akidi Tio berkomunikasi dengan Forkopimda Sumatera Selatan (Sumsel), dalam hal ini gubernur dan kapolda setempat.

"Kemudian pada 29 Juli, yang bersangkutan memberikan bilyet giro ke Polda Sumsel yang jatuh temponya pada 2 Agustus 2021. Kemudian, bilyet giro tersebut diclearing penyidik ke bank dengan yang bersangkutan. Kita melakukan clearing atau ingin mengambil dana," tutur Argo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (4/8/2021).

Ternyata, kata Argo, pihak bank memberikan keterangan, saldo dari rekening keluarga Akidi Tio tidak mencukupi. Atas dasar itu, penyidik melakukan penyelidikan terhadap peristiwa tersebut.

"Dan kemudian nanti penyidik akan mencari apakah motifnya dan apakah maksudnya kepada yang terkait untuk menyumbang penanganan Covid di Sumsel," jelas Argo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa 5 Saksi

Menurut Argo, penyidik masih bekerja dan sudah mengambil keterangan dari lima saksi. Baik dari keluarga Akidi Tio hingga pihak terkait lainnya.

"Dan nanti ada juga ahli kami minta keterangan di sana. Untuk prosesnya oleh penyidik," Argo menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.