Sukses

Satgas: Belum Terbukti Hewan Positif Covid-19 Bisa Tularkan Virus ke Manusia

Wiku mengimbau masyarakat tidak panik jika hewan peliharaan terkena covid-19. Ia meminta pemilik hewan terus rajin merawatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Harimau di Kebun Binatang Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, dinyatakan positif covid-19. Virus tersebut dikhawatirkan dapat menularkan kepada manusia.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, bahwa tidak ada bukti menunjukkan hewan yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan virus ke manusia.

"Penting diketahui bahwa sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi Covid-19 dapat menularkan virus ke manusia," katanya dalam tayangan virtual, Selasa (3/8/2021).

Wiku mengimbau masyarakat tidak panik jika hewan peliharaan terkena covid-19. Ia meminta pemilik hewan terus rajin merawatnya.

"Oleh karena itu masyarakat pemilik hewan peliharaan diimbau untuk tidak panik dan selalu merawat dan memenuhi kesejahteraan hewan pelirahannya," ucapnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa Hewan ke Dokter

Meski begitu, Wiku mengingatkan masyarakat yang terinfeksi virus corona tidak melakukan kontak dengan hewan. Kemudian, segera periksa hewan peliharaan ke dokter jika timbul gejala penyakit.

"Hindari kontak dengan hewan peliharaannya ketika sedang terinfeksi Covid, kurangi kontak hewan dengan orang yang belum divaksin, serta periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala," pungkasnya.

Reporter: Genan Kasah

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.