Sukses

Menkumham Realokasi Rp 1,19 Triliun dan Alihkan Fungsi Gedung untuk Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly menyebut telah merealokasikan anggaran Kemenkumham untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. Yasonna menyebut, pihaknya realokasikan anggaran sebesar Rp 1.194.966.249.000 untuk penanganan tersebut sepanjang tahun 2021.

"Realokasi anggaran ini menjadi wujud dukungan penuh Kemenkumham atas kebijakan pemerintah untuk penanganan pandemi Covid-19," ujar Yasonna dalam keterangannya, Kamis (29/7/2021).

Tak hanya dari anggaran, Yasonna menyampaikan rencana jajarannya terkait pemanfaatan dan alih fungsi gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual di Tangerang menjadi Rumah Isolasi Mandiri (Isoman) Darurat Covid-19.

"Beberapa waktu yang lalu kita melihat banyak masyarakat yang kesulitan untuk mencari tempat isolasi mandiri. Maka dalam kaitan ini, Kemenkumham akan memberikan sedikit, berbagi kepada masyarakat dengan menyiapkan tempat isoman yang sekarang dalam proses kesiapan," kata Yasonna.

Yasonna menyatakan dirinya sudah meminta kepada Sekjen Kemenkumhan dan Kekayaan Intelektual untuk menyiapkan Rumah Isolasi Mandiri (Isoman) Darurat Covid-19 itu dengan baik demi kepentingan masyarakat banyak.

"Saya telah meminta untuk menyiapkan secara baik fasilitas isoman, termasuk prasarana kesiapan obat-obatan, dokter, tenaga perawat, dan juga pertimbangan sosial lainnya kepada masyarakat sekitar. Tentu ini dilakukan dengan komunikasi dengan Satgas Covid-19 dan pemerintah daerah setempat," kata Yasonna.

Yasonna berharap realokasi anggaran dan penyediaan Rumah Isolasi Mandiri Darurat Covid-19 oleh Kemenkumham ini bisa membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19.

2 dari 3 halaman

Memenuhi Syarat

Yasonna mengajak semua pihak untuk mendoakan pandemi segera berakhir.

"Mudah-mudahan apa yang kita siapkan ini dapat membantu masyarakat jika seandainya kondisi ini terus berlanjut. Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kendatipun kita menyiapkan tempat isoman yang memenuhi standar, tetapi kita justru berdoa agar tempat itu tidak termanfaatkan karena pandemi bisa diatasi," Yasonna menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: