Sukses

Pemprov DKI Jakarta Imbau Panitia Kurban Gunakan Wadah Ramah Lingkungan

Panitia kurban Idul Adha diminta menghindari pemakaian wadah berbahan plastik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau panitia kurban Hari Raya Idul Adha 2021 menggunakan wadah ramah lingkungan untuk mendistribusikan daging kurban ke masyarakat.

"Kami imbau menggunakan wadah dari bahan ramah lingkungan yang mudah didapat untuk membagi-bagikan daging kurban," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin, Selasa (20/7/2021).

Panitia kurban diminta menghindari pemakaian wadah berbahan plastik. Adapun wadah ramah lingkungan yang dimaksud, antara lain daun pisang, daun talas, besek bambu, besek dari janur, dan besek dari daun pandan.

Syaripudin menuturkan, panitia kurban sebaiknya tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging karena tidak ramah lingkungan dan mengandung bahan kimia.

"Kantong plastik atau kresek merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah," ucapnya seperti dikutip dari Antara.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerakkan Perekonomian Pelaku UMKM

Senada dengan Syaripudin, Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji juga mengajak panitia kurban menggunakan wadah berbahan ramah lingkungan.

"Sebaiknya menggunakan wadah alternatif yang ramah lingkungan, misalnya menggunakan bongsang atau keranjang kecil terbuat dari bambu," katanya.

Selain ramah lingkungan, menggunakan bongsang juga dapat menggerakkan perekonomian pelaku UMKM.

3 dari 3 halaman

Infografis Pelaksanaan Kurban Idul Adha 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.