Sukses

Jokowi: Besok, Asrama Pondok Haji Pondok Gede Sudah Bisa Beroperasi Jadi RS Darurat

Jokowi mengatakan, persiapan Asrama Haji Pondok Gede untuk menjadi rumah sakit darurat Covid-19 sudah siap 99 persen.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, persiapan Asrama Haji Pondok Gede untuk menjadi rumah sakit darurat Covid-19 sudah siap 99 persen. Sehingga pada Sabtu 10 Juli 2021 sudah bisa beroperasi.

Hal ini disampaikannya saat melakukan pengecekan persiapan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur pada Jumat (9/7/2021), yang nantinya untuk merawat pasien Covid-19.

"Saya tadi sudah cek ke dalam, peralatan RS, kemudian pergantian AC kemudian pembangunan lift untuk pasien saya lihat semuanya dalam keadaan 99 persen siap," kata Jokowi.

"Sehingga besok pagi Rumah Sakit Wisma Haji ini sudah bisa dioperasionalkan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, lanjut dia, pihaknya juga berharap sejumlah elemen turut membantu penanganan Covid-19.

"Saya ingin mengajak pada para mahasiswa para pemuda pemudi, kepada Ibu PKK kadet Psoyandu untuk sama sama bahu membantu, gotong-royong menjadi sukarelawan, menjadi relawan dalam penanagan pandemi Covid-19," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Dikebut

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ramadhan Harisman mengatakan persiapan asrama Pondok Gede sebagai rumah sakit darurat Covid-19 hingga kini terus dilakukan.

"Penyiapannya terus dikebut. Banyak pekerja yang terus mempersiapkan berbagai hal keperluan standar RS darurat di asrama haji Pondok Gede," katanya dikutip dalam keterangan pers, Jumat (9/7/2021).

Ramadhan menjelaskan lift portabel yang akan digunakan untuk menunjang mobilitas tenaga kesehatan dan pasien sudah terpasang dan diuji coba. Disiapkan juga beberapa toilet portabel, serta tempat pemulasaran jenazah portabel.

"Penyiapan kamar perawatan juga terus dikebut. AC kamar diganti baru. Setiap tempat tidur pasien juga dipasang instalasi oksigen," beber dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.