Sukses

Anies Baswedan: Ada 16 Mobil Vaksinasi Covid-19 Keliling di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan terdapat 16 mobil vaksin keliling yang digunakan untuk vaksinasi Covid-19 gratis di Ibu Kota.

Hal tersebut disampaikan Anies saat memantau langsung uji coba mobil vaksin keliling bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Asri Agung Putra di wilayah Senen, Jakarta Pusat, Rabu (7/7/2021).

"Ini adalah kolaborasi dari seluruh unsur. Tiga (mobil) dari Polda, tiga dari Kodam, dua dari Kemendikbud, lima dari DKI, dan tiga dari PT Magenta Media Tama. Ini kolaborasi dengan Aprindo, Apindo, Hipindo, Kadin, dan tenaga-tenaganya juga merupakan tenaga relawan yang bersama-sama disumbangkan dari institusi-institusi ini," kata Anies.

Dia menjelaskan nantinya mobil vaksin keliling itu akan mendatangi wilayah permukiman warga. Yakni untuk menjangkau masyarakat agar melakukan vaksinasi Covid-19.

"Karena sifatnya mobile, maka ia mendatangi kampung-kampung, komplek-komplek, dan kalau mau mengajukan bisa kontak DKI lewat aplikasi JAKI, nanti daerahnya bisa kita datangi," papar Anies.

Lanjut Anies, mobil vaksin keliling menargetkan penyuntikan kepada 1.000 warga di setiap kelurahan. Dia juga mengharapkan hal tersebut dapat memenuhi target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Jadi semua orang di atas 12 tahun bisa mendapatkan vaksinasi lewat vaksin mobil," jelas Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Target Vaksinasi Covid-19

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan DKI Jakarta bisa melakukan vaksinasi COVID-19 dengan jumlah akseptor 100 ribu orang per hari. Target ini disampaikan usai DKI Jakarta sudah melakukan vaksinasi pada 18 tahun ke atas pekan lalu.

Target mencapai 100 ribu akseptor vaksinasi COVID-19 diharapkan bisa terwujud mulai minggu depan.

"Diharapkan DKI Jakarta mulai minggu depan satu hari target yang diberikan bisa dicapai, 100 ribu per hari," kata pria yang karib disapa Jokowi usai meninjau vaksinasi massal di Waduk Pluit Jakarta pada Senin, 14 Juni 2021.

Target sebesar itu diberikan guna mengejar herd immunity atau kekebalan komunal bagi penduduk ibu kota. Bila setiap hari vaksinasi COVID-19 berhasil mencapai target, maka pada Agustus 2021 sudah ada lebih dari 70 persen warga DKI yang mendapat suntikan vaksin COVID-19.