Sukses

Warga Depok Terkena Covid-19 Varian Delta Bekerja di Karawang

Liputan6.com, Depok - Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, pihaknya telah menelusuri kembali informasi yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait temuan Covid-19 varian Delta di wilayahnya. 

Berbekal informasi tersebut, Satgas Covid-19 Kota Depok mencoba mengakses data ke Provinsi Jawa Barat untuk mengetahui informasi tersebut lebih jauh.

"Kami coba mengakses ke Provinsi terkait data tersebut dan kami telah mendapatkan informasi bahwa di dalam list hasil pemeriksaan, memang ada warga Depok," ujar Dadang, Selasa (22/6/2021). 

Dadang menjelaskan, dari data yang diterima Satgas Penanganan Covid-19 dan setelah dilakukan upaya tracing, hasilnya ditemukan fakta bahwa secara kependudukan yang bersangkutan merupakan warga Depok.

Untuk membuktikan kebenaran, pihaknya telah melakukan pengecekan data kependudukan yang bersangkutan, dan hasilnya sedang berkerja di Karawang, Jawa Barat.

"Sudah dilakukan tracing dan kita mengontak, ternyata sudah tidak pulang dua bulan ini, tidak pulang ke Depok," tegas Dadang.

Dadang menjelaskan, orang tersebut bekerja di Karawang, hanya isterinya yang masih tinggal di Kota Depok.

Untuk mencegah dan mengantisipasi varian Delta Covid-19 masuk ke Kota Depok, Satgas setempat masih menunggu hasil uji sampel yang dikirimkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok ke Litbangkes Kemenkes RI.

"Selain itu, kami sudah berkomunikasi dengan Direktur RS UI dan beliau menyampaikan akan mencoba untuk memeriksakan sampel terkait varian Delta," tutup Dadang.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil: Varian Delta Sudah Hadir di Jawa Barat

Sebelumnya, Ridwan Kamil menyebutkan adanya Covid-19 varian Delta atau B.1617.2 yang ditemukan di Kota Depok dan Kabupaten Karawang.

Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk mewaspadai penularan Covid-19 varian baru dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Varian Delta sudah hadir di Jawa Barat. Ini menandakan kita harus waspada," ujar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Senin, 21 Juni kemarin. 

Ridwan Kamil menuturkan, Labkesda Jawa Barat bersama dengan ITB menemukan varian Delta teridentifikasi dengan tes Whole Genome Sequencing (WGS).

Menurutnya penyebaran virus tersebut lebih cepat dibandingkan varian Covid-19 sebelumnya. Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapan prokes 5M.

"Varian Delta hadir di Kota Depok dan Kabupaten Karawang varian ini penularannya lebih cepat dibandingkan sebelumnya," ucap Ridwan Kamil.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: