Sukses

Cerita Megawati soal Keakraban Bung Karno dengan Para Seniman Nasional

Megawati mengingat, bahwa dengan para seniman, Bung Karno kerap berdialog berjam-jam lamanya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membuka pameran seni rupa 'Akara' yang dilaksanakan dalam rangka Bulan Bung Karno di Yogyakarta, Sabtu (5/6/2021).

Dalam pidatonya, Megawati menyatakan, bahwa kebudayaan membentuk karakter sebuah bangsa. Karena itu, Proklamator Bung Karno memilih bersentuhan dengan begitu banyak seniman dan budayawan.

"Bung Karno gelorakan cinta pada Tanah Air melalui budaya, seni lukis, patung, tari, dan ekspresi kebudayaan lainnnya," kata Megawati dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/6/2021).

Sebagai putrinya, Megawati mengingat, bahwa dengan para seniman, Bung Karno kerap berdialog berjam-jam lamanya. Mega meyakini, sang ayah menempatkan peran para seniman dengan tujuan bernegara.

"Bung Karno menggelorakan nasionalisme dan patriotisme. Bahkan dalam seluruh karya para seniman tersebut dapat menggambarkan imajinasi tentang arah masa depan dan cita-cita Indonesia Raya tercinta," kenang Megawati.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berterima Kasih pada Semua Seniman yang Terlibat

Di sisi lain, Megawati juga mengatakan, dirinya menyambut baik pameran yang dilangsungkan hari ini. Dia menandakan, bahwa pameran hari ini sebagai bagian dari Kegiatan Bulan Bung Karno di tahun 2021.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh seniman yang telah terlibat dan mempersembahkan karyanya di dalam pameran ini," ujar Megawati. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.