Sukses

Anies Target Jakarta Punya Jalur Sepeda Sepanjang 170 KM di Akhir Tahun

Selain menyediakan sarana jalur sepeda, Anies juga mendorong pemilik gedung perkantoran menyediakan fasilitas parkir sepeda.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap 101 kilometer jalur sepeda permanen dapat terealisasi tahun ini. Dengan demikian, Jakarta akan memiliki jalur sepeda sepanjang 170 kilo meter.

"Jalur sepeda total saat ini adalah 63 km lalu tambahan tahun ini ada 101 km, jadi harapannya akhir tahun kita punya 170 km jalur sepeda," ujar Anies di Balai Kota, Kamis (3/6/2021).

Selain menyediakan sarana jalur sepeda, Anies juga mendorong pemilik gedung perkantoran menyediakan fasilitas parkir sepeda, minimal 10 persen dari kapasitas area parkir. Imbauan ini sebagai tindak lanjut program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi alternatif.

"Gedung-gedung memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir sepeda, minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sediakan Fasilitas Pesepeda

Tidak hanya sekadar tempat parkir sepeda, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengimbau seluruh pengelola gedung juga menyediakan fasilitas tempat mandi bagi pesepeda yang menjadikan sepeda sebagai alat transportasi untuk bekerja.

Sebab menurut Anies, pesepeda secara otomatis berkeringat dan jika tidak ada fasilitas untuk tempat mandi akan tidak membuat nyaman bagi pesepeda dalam bekerja.

Pertimbangan ini, kata Anies, menjadi perhatian Pemprov DKI agar fasilitas bagi pesepeda tidak hanya sekadar jalur namun juga kenyamanan di perkantoran.

"Disiapkan tempat shower, sehingga memudahkan para pekerja yang memilih untuk berangkat kerja menggunakan sepeda itu ada kenyamanan. Karena ketika mereka tiba, ada fasilitas parkir dan penunjang lainnya," ujarnya.

Kampanye Anies bersepeda hari ini juga dihadiri Duta Besar Belanda untuk Indonesia dan beberapa pejabat terkait. Diketahui pula, 3 Juni merupakan hari sepeda sedunia.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.