Sukses

Jokowi Lantik Sugianto Sabran-Edy Pratowo Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng

Jabatan ini adalah jabatan kali kedua politikus PDIP Sugianto Sabran memimpin Kalteng.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran-Edy Pratowo, Selasa, (25/5/2021).

Sugianto dan Edy dinyatakan sebagai pasangan yang menang dalam kontestasi Pilkada Serentak Kalimantan Tengah pada 2020.

Jabatan ini adalah jabatan kali kedua politikus PDIP Sugianto Sabran memimpin Kalteng. 

"Sebelum saudara-saudara mengucap sumpah jabatan, berkenaan pengesahan pengangkatan saudar sebagai gunernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah 2021-2024, terlebih dahulu saya tanya apakah saudara bersedia mengucap sumpah dalam agama Islam?," kata Jokowi di Istana Negara Jakarta dalam pealntikan, Selasa (25/5/2021).

"Bersedia," jawab keduanya.

Adapun pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Nomer 76/P/2021 Tentang Pengesahan dan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, 2021-2024. Pelantikan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya," ucap mereka serentak saat mengikuti sumpah jabatan yang dipandu Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (25/5/2021).

"Serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," lanjut mereka.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jabatan Petahana

Diketahui Sugianto dan Edy ditetapkan sebagai gubernur dan wagub terpilih dengan perolehan suara 536.128 suara pada Pilkada Serentak tahun 2020. Sugianto Sabran merupakan gubernur petahana Kalteng. Sugianto sudah menjabat sebagai gubernur sejak 25 Mei 2016 lalu. Kemudian maju kembali untuk periode kedua pada pilkada 2020 lalu.

"Maka ditetapkan pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 adalah paslon dengan nomor urut dua atas nama Sugianto Sabran-Edy Pratowo dengan perolehan suara 536.128 suara sah," kata Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim di Kalteng, Jumat 19 Februari 2021.

Reporter: Intan Umbari/merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini