Sukses

700 Personel Polri dan TNI Amankan Perayaan Idul Fitri di Depok

Liputan6.com, Jakarta Jajaran Polres Metro Depok bersama Kodim 0508/Depok bersiaga untuk menjaga kondusifitas keamanan Kota Depok selama hari raya Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih. Nantinya, pasukan TNI dan Polri akan berjaga di sejumlah tempat ibadah dan mencegah terjadinya kerawanan gangguan kamtibmas.

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan, ratusan anggota Polri dan TNI telah disiapkan untuk melakukan penjagaan perayaan Idul Fitri dan kenaikan Isa Almasih di Kota Depok. Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan kepada masyarakat untuk menjalankan ibadah.

“Kami siaga sebanyak 700 personel gabungan baik dari Polri maupun TNI,” ujar Imran, Rabu (12/05/2021).

Imran menjelaskan, personil gabungan tersebut akan ditempatkan di setiap titik tempat ibadah, baik masjid maupun gereja. Selain melakukan pengamanan di lokasi tempat ibadah, anggota Polri dan TNI akan melakukan patroli untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di masyarakat.

“Kami juga akan mobile dan berpatroli pada saat malam takbiran, karena takbir keliling di Kota Depok tidak diperbolehkan,” terang Imran.

Imran menegaskan, Polres Metro Depok dan Kodim 0508/Depok akan menindak tegas kelompok masyarakat yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan, salah satunya kerumunan. Polres Metro Depok secara tegas tidak memberikan izin terkait pasar tumpah yang kerap diselenggarakan pada malam Idul Fitri.

“Sebelumnya kami juga membubarkan satu lokasi yang dijadikan bazar atau pasar murah,” ucap Imran.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Tawuran

Imran menuturkan, selain menjaga kerumunan maupun takbir keliling, Polres Metro Depok akan mengantisipasi terjadinya tawuran antar remaja. Polres Metro Depok telah memetakan waktu terjadinya kerawanan tawuran. Untuk mencegah terjadinya tawuran, akan disiagakan anggota Polri dan TNI di lokasi yang kerap terjadi tawuran.

“Jadi sebelum mereka melakukan tawuran kami sudah masuk untuk melakukan pencegahan,” pungkas Imran.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: