;
Sukses

Idul Fitri Telah Usai, Harga Cabai Anjlok tapi Bawang Justru Melambung

Harga bahan pangan mengalami penurunan setelah Idul Fitri 2024 telah usai. Penurunan harga ini terjadi di berbagai komoditas, salah satunya di komoditas bumbu dapur.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bahan pangan mengalami penurunan setelah Hari Raya Idul Fitri 2024. Penurunan harga pangan ini terjadi di berbagai pasar, salah satunya di Pasar Kukun yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten. 

Penurunan harga pangan terjadi di berbagai komoditas, seperti bumbu dapur. Contohnya harga cabai merah keriting dipatok Rp 35 ribu per kilogram (kg). Harga ini turun jika dibanding sepekan sebelum Idul Fitri yang mencapai Rp 60 ribu per kg. Penurunan harga cabai ini cukup besar yaitu hampir mencapai 50%. 

Tidak hanya cabai merah keriting yang mengalami penurunan harga, tetapi juga cabai rawit merah. Cabai yang terkenal dengan kepedasannya ini dipatok Rp 40 ribu per kg. Angka ini turun dari harga yang dipatok sebelumnya yang mencapai Rp 80 ribu per kg.  

“Cabai merah yang keriting harganya sekarang Rp 35 ribuan per kilo, terus harga cabai yang rawit merah Rp 40 ribuan per kilo. Turun sih," ujar Fahri (31) saat diwawancara oleh Liputan6.com, Jumat (19/4/2024). 

Meskipun terjadi penurunan pada harga cabai, komoditas bawang justru mengalami kenaikan harga. Bawang merah dipatok Rp 60 ribu per kg, naik dari harga Rp 30 ribu per kg saat sebelum Idul Fitri.

Sementara itu bawang putih juga mengalami kenaikan harga. Bawang putih dipatok Rp 40 ribu per kg, naik dari Rp 25 ribu per kg. 

“Nah kalau untuk bawang justru naik. Kemarin kan bawang merah Rp 30 ribu per kilo sama bawang putih cuma Rp 25 ribu per kilonya. Sekarang naik masing-masing Rp 60 ribu per kilo sama Rp 45 ribu per kilonya” keluh Fahri (31) saat sedang menyiapkan cabai yang akan dijualnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Daging Juga Ikut Turun

Tidak hanya komoditas bumbu dapur yang mengalami penurunan harga, tetapi juga beberapa jenis daging juga mengalami penurunan harga. Daging sapi dipatok pada harga Rp 150 ribu per kg, turun dari Rp 180 ribu saat menjelang Lebaran. 

“Untuk daging sapi per kilonya sekarang udah turun ke Rp 150 ribu per kilonya. Kemarin pas mau Lebaran harganya sampai Rp 180 ribu per kilonya” ujar Iwan (17) saat sedang membabat tulang sapi. 

Sementara itu, daging ayam juga mengalami penurunan harga. Komoditas ini dipatok di harga Rp 45 ribu per kg, turun dibandingkan saat sebelum lebaran dimana saat itu daging ayam dipatok di harga Rp 50 ribu per kg.

“Daging ayam sekarang sekilonya Rp 45 ribu. Kalau pas mau Lebaran kemarin beuh naiknya sampai Rp 50 ribu sekilonya” kata salah satu pedagang ayam, Ifah (50).

3 dari 3 halaman

Telur dan Minyak Curah

Mengikuti tren penurunan harga di komoditas bumbu dapur dan daging, komoditas sembako juga mengalami penurunan harga. Komoditas seperti telur dijual dengan harga Rp 28 ribu per kg, turun dari harga Rp 30 ribu per kg saat menjelang Lebaran.

“Telur per kilonya seharga Rp 28 ribu sekarang. Kemarin harganya bisa sampai Rp 30 ribu per kilo” ujar Kembar (50).

Meskipun demikian, terjadi stagnasi pada harga minyak curah. Komoditas ini dipatok dengan harga Rp 15 ribu per kilonya. 

“Stabil. Minyak curah sekarang masih di harga Rp 15 ribu per kilo” ujar Sulayah (50).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.