Sukses

Pastikan Kesiapan Personel, Kapolda dan Forkopimda NTB Tinjau Pos Pam Ketupat Rinjani 2021

Kapolda NTB mengatakan, untuk memastikan penerapan prokes selama perayaan Hari Raya Idul Fitri, telah didirikan 38 Pos Pam di wilayah Kota Mataram.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamanan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 M menjadi atensi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Nusa Tenggara Barat (NTB). Guna memastikan kesiapan personel gabungan pengamanan, Kapolda bersama jajaran Forkopimda NTB mengecek beberapa Pos Pengamanan (Pos Pam) Ketupat Rinjani 2021, Sabtu 8 Mei 2021.

Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal yang meninjau di Lombok Epicentrum Mall mengungkapkan, pihaknya bersama jajaran Forkopimda NTB telah berkoordinasi dengan seluruh pemilik pusat perbelanjaan, dalam pengetatan penerapan protokol kesehatan (prokes).

“Kami sudah duduk bareng dengan para pengelola mall, kami sudah melakukan koordinasi yang bagus, sehingga ada beberapa aturan-aturan yang sudah mereka lakukan, yang pertama memastikan bahwa 50 persen dari kapasitas harus terpenuhi,” ungkap Kapolda dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/5/2021).

“Maksudnya, apabila lebih dari 50 persen ini akan ditutup, baik pintu, pintu parkir, pintu masuk pusat perbelanjaan, termasuk Mall Epicentrum,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Kapolda NTB, dalam melakukan pendisiplinan prokes di semua pusat perbelanjaan dan titik keramaian, satuan tugas (satgas) akan secara kontineu melakukan pendisiplinan dan imbauan.

“Apabila ada yang tidak menggunakan masker, satgas akan berkeliling di sini baik itu pemprov, pihak pengelola mall maupun dari Polda dan Korem serta stakeholder keliling. Semua satgas di semua pusat perbelanjaan membagikan masker dan melakukan imbauan,” ujarnya.

“Kita bisa lihat di setiap pojok ada penerapan prokes, ada handsanitizer dan lain-lain. Intinya, protokol kesehatan nomor satu,” tegasnya.

Dia menambahkan, untuk memastikan penerapan prokes selama perayaan Hari Raya Idul Fitri, telah didirikan 38 Pos Pam di wilayah Kota Mataram.

“Ada 38 pos pengamanan, pelayanan, dan pos terpadu. Lima pos pengamanan, 13 pos pelayanan, dan satu terpadu,” ungkap Kapolda.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Kepastian NTB Aman

Sebelumnya, Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah mengatakan, pemantauan yang dilakukan untuk memberi kepastian bahwa NTB aman dan kondusif baik dari segi kamtibmas maupun dalam penerapan prokes.

“Kita memastikan bahwa NTB aman, kita mengunjungi pos-pos penjagaan, memastikan tidak ada kerumunan berlebihan, tidak ada kemacetan, kriminalitas sudah bisa dicegah,” katanya.

“Jadi ini luar biasa, mudah-mudahan dengan teman-teman tetap disiplin dan sigap, NTB sampai Idul Fitri bahkan sesudahnya insya Allah aman dan menyenangkan buat kita semua,” tambah Gubernur.

Sedangkan Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI A. Rizal Ramdhani menegaskan dukungan TNI dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami mendukung untuk pelaksanaan pengamanan lebaran maupun kegiatan Pam Ketupat, kami dukung semaksimal mungkin, kami gelar 3000 orang untuk operasional di lapangan,” tegas Danrem.

Danrem juga mengimbau agar seluruh masyarakat NTB mematuhi prokes dengan penuh kesadaran, bukan hanya karena adanya tekanan satgas.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, dengan situasi Covid ini agar memenuhi protokol Covid, demi keamanan dan keselamatan kita bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.