Sukses

Asrama Haji Pertama Banten Akan Dibangun di Kota Tangerang?

Pemkot masih mengkaji soal calon lokasi asrama haji di Kota Tangerang yang bakal jadi pertama dan satu-satunya di Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Asrama haji pertama di Banten direncanakan akan dibuka di wilayah Kota Tangerang. Pembangunan tersebut dikolaborasikan dengan Kementerian Agama (Kemenag).

Namun, hingga saat ini, Pemkot masih mengkaji soal calon lokasi asrama haji di Kota Tangerang yang bakal jadi pertama dan satu-satunya di Banten.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, pihaknya sudah menawarkan beberapa lokasi kepada Kemenag untuk dijadikan tempat asrama haji.

"Awalnya kita ajukan tiga lokasi, modernland, terus ada lahan 18 hektare punya RS Sitanala Kemenkes, juga ada lahan 20 hektare punya Angkasa Pura II di Batusari," terang Arief, Kamis (22/4/2021).

Namun, untuk RS Sitanala sendiri, Kemenkes rencananya akan membuat Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) khusus narkoba. Sementara, untuk lahan di Batusari, pihak PT Angkasa Pura II belum memberikan tanggapan sampai detik ini.

Sehingga, lanjut Arief, pihaknya condong untuk menjadikan kawasan Kecamatan Cipondoh sebagai calon lokasi asrama haji.

"Akhirnya kita bahas opsi adalah Cipondoh. Kita punya lahan 1,1 hektare, ini kita lagi coba borong kita minta pengembang lahan tambahannya, supaya segera bisa diserahterimakan," ungkap Arief.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertimbangan Lokasi di Cipondoh

Satu dari beberapa pertimbangan Cipondoh adalah akses yang luas dan dekat dengan perbatasan DKI Jakarta.

"Di Cipondoh itu lebih nyaman karena aksesnya lewat Jalan KH Hasyim Ashari lebih luas," sambung Arief.

Kendati demikian, lokasi Cipondoh tersebut belum masuk ke tahap akhir atau final lantaran masih pengajuan. Namun, Pemerintah Kota Tangerang mengaku harus bergerak cepat, lantaran bulan Mei harus menyerahkan pengajuan ke Kemenag supaya bisa membangun Asrama Haji.

"Ya, ini belum putus. Yang pasti sekarang Pemkot berupaya supaya asrama haji provinsi Banten dibangun di Kota Tangerang. Karena itu program nasional jadi dari APBN targetnya akhir Mei harus masuk surat terima aset," kata Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.