Sukses

4 Harapan Jokowi Saat Resmikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran dapat membantu memecahkan masalah kemacetan yang selama ini menumpuk di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis, 1 April 2021 meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Kedua jalan bebas hambatan tersebut merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Jokowi pun menyampaikan sejumlah harapannya.

Salah satunya, dia berharap Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran dapat membantu memecahkan masalah kemacetan yang selama ini menumpuk di wilayah DKI Jakarta.

"Tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan kemacetan yang selama ini menumpuk di kota Jakarta, dan melancarkan mobilitas komuter di Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," ujar Jokowi saat peresmian melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 1 April 2021.

Selain itu, Jokowi mengatakan, keberadaan tol ini sangat dinantikan masyarakat karena mempermudah akses masyarakat yang ingin ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten.

"Tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena bisa menjadi alternatif, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," papar dia.

Berikut 4 harapan Jokowi saat meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Permudah Akses ke Bandara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis, 1 April 2021 meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Jokowi mengatakan, keberadaan tol ini sangat dinantikan masyarakat karena dapat mempermudah akses masyarakat yang ingin ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten.

"Tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena bisa menjadi alternatif, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," ucap dia saat peresmian melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis, 1 April 2021.

 

3 dari 6 halaman

Bisa Urai Kemacetan Jakarta

Selain itu, Jokowi mengatakan keberadaan tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran diharap akan mengurai kemacetan yang menumpuk di DKI Jakarta.

Adapun, kedua ruas tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

"Tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan lalu lintas, kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di kota Jakarta dan melancarkan mobilitas komuter baik Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," kata Jokowi.

 

4 dari 6 halaman

Lancarkan Distribusi Logistik

Selain itu, Jokowi menyebut kehadiran dua ruas tol ini akan melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan. Sehingga, mampu menghemat waktu tempuh dan menurunkan biaya logistik.

Dia menyampaikan tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Kunciran bukan tak hanya menghubungkan antarwilayah atau antardaerah, namun juga meningkatkan daya saing daerah. Kemudian, membangkitkan ekonomi di kawasan sekitar tol.

"Mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," kata Jokowi.

 

5 dari 6 halaman

Dapat Menarik Investor

Untuk itu, Jokowi meminta pemerintah daerah setempat untuk menjadikan keberadaan tol ini sebagai keunggulan untuk menarik investor.

Dia ingin kehadiran jalan tol ini bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

"Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrakstuktur ini sebagai keunggulan dan moda penting untuk menarik investasi lebih banyak investasi yang datang," terang Jokowi.

"Agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan mebuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," jelas dia.

 

(Daffa Haiqal Nurfajri)

6 dari 6 halaman

Jokowi dan Pemimpin Dunia Disuntik Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.