Sukses

Resmikan 2 Ruas Tol JORR, Jokowi Sebut Bisa Urai Kemacetan Jakarta

Jokowi mengatakan keberadaan jalan tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan mengurai kemacetan yang menumpuk di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan keberadaan jalan tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan mengurai kemacetan yang menumpuk di DKI Jakarta. Adapun kedua ruas tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran di Gerbang Tol Pamulang, Kamis (1/4/2021), sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

"Jalan tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan lalu lintas, kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di kota Jakarta dan melancarkan mobilitas komuter baik Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," kata Jokowi.

Selain itu, dia menyebut kehadiran dua ruas tol ini akan melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan. Sehingga, mampu menghemat waktu tempuh dan menurunkan biaya logistik.

Dia menyampaikan jalan tol Serpong-Pamulang dan Cengkareng-Kunciran bukan tak hanya menghubungkan antarwilayah atau antardaerah, namun juga meningkatkan daya saing daerah. Kemudian, membangkitkan ekonomi di kawasan sekitar jalan tol.

"Mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menarik Investor

Untuk itu, Jokowi meminta pemerintah daerah setempat untuk menjadikan keberadaan jalan tol ini sebagai keunggulan untuk menarik investor.

Dia ingin kehadiran jalan tol ini bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat.

Saya minta pemerintah daerah menjadikan infrakstukrur ini sebagai keunggulan dan moda penting untuk menarik investasi lebih banyak investasi yang datang," jelas dia.

"Agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan mebuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • JORR