Sukses

Jokowi: Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran Pecahkan Kemacetan Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Jalan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran dapat membantu memecahkan masalah kemacetan yang selama ini menumpuk di wilayah DKI Jakarta.

Jalan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi saat meresmikan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran pada hari ini, Kamis (1/4/2021).

"Jalan tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan kemacetan yang selama ini menumpuk di kota Jakarta, dan melancarkan mobilitas komuter di Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," jelas Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (1/4/2021).

Selain itu, Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran juga diharapkan melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan.

"Sehingga menghemat waktu tempuh dan menurunkan biaya logistik," sambungnya.

Jokowi mengatakan, jalan tol tidak hanya berfungsi menghubungkan antar wilayah, tapi juga meningkatkan daya saing daerah dan membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya.

"Dan juga mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," tuturnya.

2 dari 4 halaman

Jokowi Resmikan Tol Serpong-Cinere dan Cengkareng-Kunciran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serpong - Cinere sepanjang 10,14 km pada hari ini, Kamis, 1 April 2021. Jalan tol ini merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Jalan tol ini terbagi menjadi seksi 1 ruas Serpong IC - Pamulang IC sepanjang 6,5 km, dan seksi 2 ruas Pamulang IC - Cinere IC sepanjang 3,64 km. Konstruksi untuk seksi 2 ditargetkan rampung pada 2023.

Selain itu, Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sepanjang 14,19 km.

"Alhamdulillah, Jalan Tol Serpong – Cinere Ruas Serpong – Pamulang sepanjang 10,1 km, dan jalan tol Cengkareng – Batuceper –Kunciran sepanjang 14,19 km telah selesai dan dapat digunakan," kata Jokowi dalam acara peresmian jalan tol yang ditayangkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (1/4/2021).

Jokowi mengatakan, jalan tol ini merupakan bagian dari JORR II untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek dan akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi barat.

"Pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena dapat menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," jelasnya. 

3 dari 4 halaman

Menteri PUPR: Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran Ditunggu Masyarakat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong–Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 km pada Selasa sore (30/3/2021).

Kedua ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (1/4/2021).

Menteri Basuki didampingi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja pertama kali meninjau lokasi Gerbang Tol (GT) Husein Sastranegara Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran dan dilanjutkan ke GT Pamulang.

“Harapannya jalan tol ini bisa segera operasi karena sudah ditunggu masyarakat,” kata Menteri Basuki dalam keterangannya, Rabu (31/3/2021).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja yang juga juru bicara Kementerian PUPR mengatakan, jalan tol ini akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat, yang sudah dinantikan masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan.

"Ini juga menjadi alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," tutur Endra.

Untuk Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran, Endra menyatakan secara keseluruhan fungsi badan utama jalannya sudah selesai dan berfungsi dengan baik. "Tinggal perapihan (finishing) di beberapa titik seperti guard rail dan marka jalan, tidak mengganggu fungsi utama tol dari gate ke gate," ujarnya.

Berdasarkan data progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran saat ini telah mencapai 94,08 %. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 1,96 triliun.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: