Sukses

Vaksinasi Covid-19 Lansia di Gelar di Mal Ciputra, Ini kata Menkes Budi

Menkes Budi Gunadi memuji kegiatan vaksinasi Covid-19 dilakukan di lingkungan pusat perbelanjaan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) tahap pertama di Mal Ciputra Tangerang, Sabtu (27/3/2021).

"Kami memuji pak bupati (Tangerang), saya lihat orangtua yang paling rentan kena (Covid-19) sesudah tenaga kesehatan, tapi mencari akses vaksin kadang lansia kalah sama yang muda. Alhamdulillah saat ini saya lihat orangtua di daerah Kabupaten Tangerang bisa divaksin duluan," kata Menkes kepada wartawan, Sabtu. 

Selain itu, Budi juga memuji kegiatan vaksinasi Covid-19 dilakukan di lingkungan pusat perbelanjaan. Dia pun akan memikirkan bagaimana caranya menambah pasokan vaksin untuk kabupaten kota yang benar-benar bisa eksekusi vaksinasi lansia lebih cepat.

"Tapi sesudah diukur, kemampuannya tidak akan cukup. Karena kita mau naikin dari 10 ribu per hari kemudian naik 200 ribu per hari. Kemudian minggu lalu bisa 500 ribu per hari," katanya.

Alhasil, untuk cukup mengejar target vaksinasi Covid-19 1 juta orang per hari yang akan direalisasikan pada Juni 2021 nanti, proses vaksinasi nantinya akan dilakukan di beberapa area sentral seperti di aula atau sekolah, termasuk melakukan pembicaraan dengan asosiasi mal.

Sementara, Presiden Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengaku merasa senang bisa ikut partisipasi dalam kegiatan vaksinasi lansia di Mal Ciputra.

"Pak menteri juga bilang tadi sangat terharu juga melihat bahwa lansia juga bisa melakukan vaksinasi, karena lansia sulit untuk kemana-mana. Tapi kalau ke mal kan tidak seperti ke rumah sakit perasaannya. Bisa dengan keluarga sekalian rekreasi dan berbelanja dengan keluarga," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didukung 12 Tenaga Medis

Budiarsa juga mengatakan, menteri kesehatan juga sempat menanyakan ke Bupati Tangerang, kalau memang perlu lebih pasokan vaksin, maka akan dipasok ke kabupaten tangerang.

"Kebetulan hari ini vaksin lansia terakhir di Ciputra mal. Tapi kalau dikasi (pasokan vaksin, red) lagi, kita siap menyelenggarakan. Kemarin, kita diberi target vaksinasi 3.000 untuk 10 hari, dan sekarang sudah habis," tuturnya.  

Kegiatan Vaksinasi Lansia ini mendapat dukungan penuh dari tenaga medis Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang. Dimana ada 12 tenaga medis dan 10 tenaga non medis diturunkan setiap harinya dalam pelaksanaan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.