Sukses

Polisi Sebut Penyebaran Video Menggandakan Uang Iseng, Hanya Trik Sulap

Polisi mengamankan H, pria gondrong yang membuat geger di Bekasi karena videonya viral tengah unjuk kemampuan menggandakan uang.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengamankan H, pria gondrong yang membuat geger di Bekasi karena videonya viral tengah unjuk kemampuan menggandakan uang. Dari hasil penyelidikan, video mengenai penggandaan uang ini direkam oleh istri H pada 18 Maret 2020 sekira pukul 11.00 WIB.

"Yang membuat (video) istrinya sendiri saudari NP," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (22/3/2021).

Yusro menyampaikan, NP merekam suaminya yang sedang dikerubungi warga karena saat itu memperlihatkan kemampuan dalam menggandakan uang. Yusri menyebut, beberapa orang yang hadir saat pembuatan video adalah pengunjung, mertua dan anaknya.

"Pada saat membuat video ada beberapa orang ada di situ. Pertama adalah S, mertua dan anaknya sendiri. Ada saudara R yang berobat dan beberapa orang lain," terang dia.

Yusri menerangkan video yang diabadikan oleh NP kemudian disebarkan oleh kerabatnya yang tinggal di Surabaya. "Menurut pengakuan H yang menyebarkan adalah saudari M yang sekarang saudari ini tinggal di Surabaya," ujar Yusri.

Yusri menyebut, alasan M menyebarkan dan memviralkan hanya iseng semata. Yusri menyebut, M telah mengetahui bahwa yang diperagakan oleh H adalah bagian dari permainan sulap.

"Pengakuannya untuk iseng saja, karena itu adalah hanya trik sulap," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Viral Menggandakan Uang

Sebelumnya, seorang pria memperlihatkan keahilan menggandakan uang di hadapan beberapa warga. Aksinya itu direkam dan video viral di media sosial.

Dalam rekaman berdurasi 12 menit, pria berambut godrong dengan peci hitam di kepala duduk sila di lantai. Dia terlihat sambil menggendong anak kecil.

Pria itu memperlihatkan kotak kayu berwana cokelat dan benda-benda mistis lain ke hadapan warga. Pria itu pun kemudian melakukan ritual dan memasukkan kertas putih ke dalam kotak kayu dan ditutup rapat-rapat.

Seketika, kertas putih itu pun berupa menjadi lembaran uang kertas. Tindakan pria itu pun disorot oleh Satreskrim Polres Kabupaten Bekasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.