Sukses

Setahun Pandemi Covid-19, Jokowi: Kita Diberi Pelajaran yang Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan selama setahun dilanda pandemi Covid-19, Indonesia diberi pelajaran yang begitu luar biasa. Menurut dia, Covid-19 adalah bencana yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021, yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (3/3/2021).

"Dalam satu tahun ini kita telah diberi pengalaman, diberi pelajaran yang sangat luar biasa. Bukan hanya bencana alam, tetapi juga bencana non-alam berupa pandemi Covid-19," kata Jokowi.

"Dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah, sisi kesehatan, sisi ekonomi, harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan," sambungnya.

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 bukan hanya melanda Indonesia saja, namun ada 215 negara yang juga mengalami hal serupa. Jokowi menyebut kondisi ini membuat pemerintah harus berkerja cepat, inovatif, dan bekerja sama dengan semua pihak.

"Lebih dari 215 negara mengalami hal yang sama. Yang mengharuskan kita bekerja cepat, harus inovatif dan juga berkolaborasi dengan semua pihak, dengan negara lain, dengan lembaga-lembaga internasional," katanya.

Jokowi pun memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dia menilai BNPB telah ikut bekerja keras menangani dan menyelesaikan krisis akibat pandemi Covid-19.

"Pengalaman ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk memperkokoh ketangguhan kita dalam menghadapi segala bentuk bencana," ucap Jokowi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Covid-19 Pertama RI Diumumkan 2 Maret 2020

Seperti diketahui, setahun sudah pandemi virus corona (Covid-19) melanda Indonesia, sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020. Kasus positif Covid-19 pun terus melonjak naik mencapai 1.347.026 orang, berdasarkan data Kementerian Kesehatan per Selasa, 2 Maret 2021.

Pemerintah saat ini tengah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Selain itu, pemerintah juga memulai program vaksinasi Covid-19 sejak 13 Januari 2021.

Targetnya, ada 182 juta penduduk Indonesia yang harus divaksin untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal. Jokowi menargetkan program vaksinasi rampung dalam 2021.

3 dari 4 halaman

Kilas Balik Setahun Covid-19 di Indonesia

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: