Sukses

Indo Barometer: Pencabutan Lampiran Perpres Investasi Miras Bukti Jokowi Tidak Anti-Islam

Qodari menilai tindakan Jokowi memperhatikan dan mendengarkan aspirasi dari organisasi dan tokoh-tokoh Islam.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menganggap keputusan Presiden Jokowi mencabut Lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 investasi minuman keras (Miras) sebagai respons kepala negara terhadap reaksi publik,

Qodari menambahkan, lebih khusus lagi Jokowi sangat memperhatikan dan mendengarkan aspirasi dari organisasi dan tokoh-tokoh Islam. "Artinya tudingan bahwa Pak Jokowi ini anti-Islam itu tidak benar, terbukti tidak benar dengan dicabutnya Perpres kali ini," kata Qodari.

Perpres 10/2021 bukan Perpres yang pertama dicabut Presiden Jokowi setelah mendapatkan masukan dan kritikan. Qodari mengingatkan bahwa Presiden Jokowi pernah membatalkan Perpres yang mengatur soal Daftar Negatif Investasi (DNI) soal UKM pada tahun 2018 lalu setelah mendapatkan kritikan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Langkah Jokowi yang segera mencabut Perpres terkait investasi industri Miras itu pun mendapatkan banyak apresiasi berbagai pihak. Salah satunya, Pengamat sosial ekonomi dan keagamaan yang kebetulan juga adalah Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas.

"Ini satu bukti bahwa beliau menepati janji untuk mempersilahkan masyarakat mengkritik pemerintah, dan beliau katanya siap untuk menerimanya. Dan hari ini hal itu telah beliau buktikan," tambah Anwar Abbas.

Menurut Anwar, keputusan Presiden Jokowi itu merupakan satu hal yang menggembirakan dan patut kita puji. “Anggapan pemerintah yang selama ini terkesan sering memaksakan pandangan dan sikapnya serta tidak mau mendengar suara rakyat hari ini telah beliau bantah dan terbantah," tutur Anwar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Negarawan

Anwar mengaku secara pribadi menilai Presiden Jokowi selama ini terkesan sebagai seorang politikus, namun setelah pencabutan Perpres invtasi Miras, dia meyakini Jokowi juga sososk negarawan sejati.

"Dengan peristiwa ini sudah lebih menonjol sikap kenegarawanannya, beliau mau mendengarkan suara dari rakyatnya serta tampak lebih mengedepankan kebaikan dan kemashlahatan bersama yang lebih luas dan lebih berarti serta lebih bermakna bagi kehidupan kita bersama sebagai bangsa," ujar Anwar.

Anwar pun berharap, sikap Presiden Jokowi tidak hanya terjadi dan terhenti dalam kasus ini, tapi ke depan diharapkan akan lebih banyak melakukan hal-hal serupa.

"Ini penting kita garis bawahi karena dengan cara-cara dan sikap kepemimpinan yang seperti inilah persatuan dan kesatuan diantara warga bangsa akan bisa kita rajut," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.