Sukses

Nadiem Makarim Kembali Berikan Subsidi Kuota Internet Hingga Mei 2021

Nadiem Makarim mengatakan, kementeriannya kembali memberikan bantuan subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen mulai Maret hingga Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, kementeriannya kembali memberikan bantuan subsidi kuota internet bagi siswa, mahasiswa, guru dan dosen mulai Maret hingga Mei 2021.

"Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama tiga bulan ke depan mulai dari bulan ini, yaitu Maret 2021," kata Nadiem dalam siaran daring, Senin (1/3/2021).

Menurut Nadiem langkah ini diambil kembali lantaran kebijakan subsidi kuota internet menjadi satu dari sekian program Kemendikbud yang banyak menuai respons positif di tengah masyarakat.

Hal ini tampak dari hasil survei internal yang dilakukan oleh kementeriannya, Nadiem bercerita bahwa sebesar 84,7 persen menilai program ini sebagai langkah tepat untuk menjawab krisis Covid-19 dalam dunia pendidikan.

"Dan sebanyak 85 persen dari responden menilai bahwa program internet gratis ini meringankan beban ekonomi orang tua dari pelajar mahasiswa dalam membeli paket internet," jelas Nadiem.

Namun, dia menuturkan, ada perbedaan dari periode sebelumnya. Semisal dari keluwesan akses kuota data internet.

Menurut Nadiem selama ini pihaknya kerap mendengar keluhan dari sejumlah pihak untuk meningkatkan jumlah situs yang dapat diakses menggunakan kuota dari bantuan tersebut.

"Jadi di tahun 2021 kita akan memberikan kuota tapi dengan kuota lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya, tetapi kuota ini merupakan kuota umum. Jadinya bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali aplikasi-aplikasi yang diblokir, yaitu aplikasi permainan dan juga sosmed seperti Facebook, TikTok dan misalnya Instagram," kata dia.

Namun untuk Youtube, Nadiem mengatakan pihaknya memperkenankan kuota belajar ini dipakai guna mengakses video dalam laman berbagi video tersebut. Pasalnya ia mendengar banyak konten pembelajaran yang diunggah melalui situs tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Besaran Kuota Internet

Adapun besaran kuota yang diperoleh adalah sebagai berikut:

1. Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) besaran kuota 7 gigabyte per bulan.

2. Siswa SD/SMP/SMA besaran kuota 10 gigabyte per bulan.

3. Guru PAUD/SD/SMP/SMA besaran kuota 12 gigabyte per bulan.

4. Mahasiswa/Dosen besaran kuota 15 gigabyte per bulan.

Bantuan ini akan disalurkan mulai setiap bulannya mulai tanggal 11 hingga 15.

"Jadi untuk yang pertama bulan ini sekitar tanggal 11 selama tiga bulan ke depan. Dan kuota itu seperti bisa akan berlaku selama 30 hari sejak kuota itu diterima," kata Nadiem.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.