Sukses

Gibran Dilantik Jadi Wali Kota Solo Secara Virtual

Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Wali Kota Solo hari ini, Jumat (26/2/2021). Gibran datang ditemani istrinya Selvi Ananda tiba di Gedung DPRD Kota Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Wali Kota Solo hari ini, Jumat (26/2/2021). Gibran datang ditemani istrinya Selvi Ananda tiba di Gedung DPRD Kota Solo.

Pantauan Liputan6.com, Gibran dan Selvi turun dari mobil Mistubishi Pajero sekitar pukul 08.00 WIB. Gibran tampak gagah mengenakan pakaian dinas upacara berwarna putih lengkap dengan topinya. Sedangkan istrinya mengenakan kebaya berwarna merah.

Setibanya di Gedung DPRD Solo, putra sulung Presiden Jokowi itu langsung berjalan menaiki tangga menuju tempat pelantikan. Rencananya, pelantikan akan dilakukan secara virtual di Graha Paripurna DPRD Kota Solo.

Sebelum masuk ke dalam lokasi pelantikan, Gibran mengaku telah siap untuk mengikuti prosesi pelantikan.

"Siap," ucapnya tegas.

Sedangkan wakilnya, Teguh Prakosa datang lebih awal sekitar pukul 07.30 WIB. Setelah disusul kedatangan mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang didampingi istrinya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batal Dilakukan di Balai Kota

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo Wahyu Kristina mengatakan, pelantikan Gibran-Teguh akan dilakukan secara virtual di Gedung DPRD Solo pada hari yang sama pukul 08.00 WIB.

Selain dilantik, kata dia, nantinya Gibran akan melakukan pidato pertamanya sebagai Wali Kota Solo.

"Perubahan lokasi pelantikan ke gedung DPRD kita lakukan sesuai arahan pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Nanti sekaligus akan dilakukan serah terima jabatan dan pidato pertama wali kota," kata Wahyu, Selasa (23/2/2021).

Menurut dia, prosesi pelantikan tetap dilakukan secara virtual oleh gubernur. Demi efektivitas akan dilakukan sekaligus serah terima jabatan dan rapat paripurna DPRD.

Wahyu menuturkan, untuk tamu undangan, dikatakannya, tetap dibatasi seperti rencana awal. Yakni hanya 25 orang, termasuk wali kota dan wakil wali kota terpilih beserta istri.

Sedangkan undangan lainnya dari unsur Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Plh Wali Kota serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode sebelumnya.

Ia menambahkan, setelah acara pelantikan, akan dilanjutkan serah terima pengurus tim penggerak PKK dan ketua Dekranasda. Jabatan tersebut akan diemban oleh istri wali kota yang baru. Pihaknya akan melakukan gladi bersih pada Kamis (25/2/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.