Sukses

Anies: Meski Banjir Surut, Fasilitas Pengungsian Tetap Disediakan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, fasilitas di pengungsian korban terdampak banjir yang masih tersedia mulai dari tenda hingga kebutuhan pangan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sejumlah fasilitas di pengungsian korban terdampak banjir masih tetap disediakan, mulai dari tenda hingga kebutuhan pangan.

Menurut dia, saat ini para pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing, sebab banjir telah surut pada Senin dini hari (22/2/2021).

"Fasilitas kebutuhan pangan masih tetap disiapkan sehingga mereka masih punya tempat berteduh sambil semua kerja bakti untuk membersihkan tempat yang terdampak oleh banjir," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021).

Anies menyebut pihaknya juga mengapresiasi sejumlah pihak yang ikut terlibat dalam penanggulangan banjir di Ibu Kota. Mulai dari penyelamatan hingga ketersediaan fasilitas umum.

"Kemudian saya ingin sampaikan terima kasih apresiasi kepada seluruh jajaran TNI-Polri PMI organisasi kemasyarakatan yang terlibat langsung," ucap Anies.

Oleh karena itu, Anies menyatakan kegiatan di wilayah Ibu Kota sudah dapat berjalan normal kembali usai banjir.

"Jadi Alhamdulillah hari Senin pagi seluruh kegiatan perekonomian kegiatan pemerintahan bisa berlangsung tanpa ada gangguan sedikit pun," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banjir Sudah Surut Semua

Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto menyatakan, banjir di sejumlah wilayah ibu kota sudah surut semua sejak Minggu malam, 21 Februari 2021.

"Sudah surut semua sejak tadi malam," ujar Sabdo saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (22/2/2021).

Dia juga memastikan, tidak ada lagi warga terdampak banjir yang tinggal di lokasi pengungsian.

"Pengungsi sudah balik ke rumah masing-masing," tutur Sabdo.

Banjir merendam sejumlah wilayah di Jakarta akibat hujan deras dan cuaca ekstrem yang terjadi sejak Jumat 19 Februari 2021. Pada Sabtu 20 Februari 2021, tercatat ada 113 RW terdiri atas 342 RT yang terdampak banjir.

BPBD DKI juga melaporkan, banjir pertengahan Februari 2021 ini menelan lima korban jiwa. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya lima warga dalam bencana alam tersebut.

3 dari 3 halaman

Banjir Datang, Waspada Klaster Pengungsian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.