Sukses

Hingga Minggu Siang, 17 RW di Jakarta Masih Terendam Banjir

Anies menuturkan, saat ini kiriman air dari wilayah Tangerang yang melintasi Sungai Angke masih cukup deras.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah yang terendam banjir di DKI Jakarta mulai berkurang. Hingga Minggu siang (21/2/2021), tersisa 17 rukun warga (RW) di ibu kota yang masih terendam banjir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, wilayah di ibu kota yang terendam banjir berkurang signifikan dari sebelumnya mencapai 113 RW.

"Per siang ini jumlah RW yang masih tergenang ada 17 RW dari kemarin sebanyak 113. Jadi Alhamdulillah proses penyusutan berjalan dengan baik," ucap Anies di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Minggu (21/2/2021).

Debit air di sejumlah sungai yang membelah Jakarta, menurut Anies, juga telah berada pada kondisi normal. Hal ini lantaran air kiriman yang melintasi beberapa sungai di ibu kota mulai berkurang.

"Perlu kami sampaikan bahwa sejak pagi tadi permukaan Sungai Ciliwung, Sungai Krukut, lalu Sunter, Pesanggrahan, telah sampai pada posisi normalnya. Anda lihat sendiri di Pintu Air Manggarai. Jadi mulai tadi pagi kiriman air dari luar Jakarta, dari kawasan tengah dan kawasan hulu sudah berkurang," beber Anies.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Angke Masih Tergenang

Anies menuturkan, saat ini kiriman air dari wilayah Tangerang yang melintasi Sungai Angke masih cukup deras. Hal ini membuat sebagian besar wilayah di sekitar aliran Angke masih terdampak genangan air.

"Yang masih ada kiriman air dari wilayah Tangerang lewat Kali Angke, masih menerima begitu banyak kiriman air sehingga kawasan-kawasan kanan kiri dari Sungai Angke ini masih ada genangan, di hulu Sungai Angke sudah mulai ada penurunan," katanya.

"Tapi perlu waktu beberapa jam untuk turun di Jakarta. Ini semua nanti kalau dari Kali Angke bermuara di Cengkareng Drain," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.