Sukses

Imlek 2021, Wihara Lalitavistara Cilincing Jakarta Utara Tidak Gelar Kebaktian

Wihara Lalitavistara di Jalan Cilincing Lama, Cilincing, Jakarta Utara tidak menggelar kebaktian pada perayaan tahun baru Imlek 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Wihara Lalitavistara di Jalan Cilincing Lama, Cilincing, Jakarta Utara tidak menggelar kebaktian pada perayaan tahun baru Imlek 2021. Pengurus wihara mengatakan, pihaknya sudah hampir satu tahun tak menyelenggarakan ibadah di rumah ibadah tersebut.

"Kebaktian sudah tidak diselenggarakan hampir satu tahun, sejak Maret 2020 sampai Februari 2021," kata Kepala Operasional Wihara Lalitavistara, Biksu Duta Kshanti, di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (12/2/2021).

Duta menjelaskan, walaupun tidak menggelar kebaktian, pengelola wihara tetap membuka untuk pelaksanaan sembahyang bagi jemaat selama hari raya Imlek. Namun tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan yang ketat, demi mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kalau sembahyang, umat datang per individu, sehingga tidak berkumpul dalam satu titik," jelas Duta.

Jemaat yang ingin bersembahyang di kelenteng dalam kompleks wihara tersebut harus mematuhi protokol kesehatan, terutama memakai masker dan mencuci tangan. Termasuk selama Imlek ini. Selain itu, pihak wihara menyediakan disinfektan.

"Untuk hari ini, biasa kita juga tutup pintu selama pandemi. Maka untuk yang menganut kepercayaan, kami tidak batasi tetap boleh datang sembahyang. Tidak boleh berlama-lama sembahyang, harus gantian, bergiliran," kata Duta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sepi

Suasana di Wihara Lalitavistara terpantau cukup sepi. Hanya ada belasan jemaat yang silih berganti keluar masuk area kelenteng untuk bersembahyang.

Sementara itu, di halaman Wihara Lalitavistara, petugas gabungan dari TNI-Polri serta Satpol PP berjaga-jaga. Selain berjaga, petugas gabungan juga sesekali berkeliling memantau protokol kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.