Sukses

Anies Baswedan Ingatkan Pentingnya Peran Media Massa saat Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan pentingnya peran media massa menjadi arus utama pada masa pandemi Covid-19 ini.

Hal tersebut disampaikan Anies saat memberi sambutan dalam acara Konvensi Nasional Media Massa bertemakan 'Pers Nasional Bangkit dari Krisis Akibat Pandemi Covid-19 dan Tekanan Disrupsi Digital', Senin (8/2/2021).

Menurut Anies, media massa sebagai arus utama memiliki fungsi pengawasan terhadap peran pemerintah dan masyarakat dalam memutus mata rantai penularan Covid-19.

"Dengan peran media, tugas dan kewajiban pemerintah dalam melalukan testing, tracing, dan treatment dalam dipantau secara objektif," ujar Anies.

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Begitu pula, lanjut dia, kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19, bisa tergambar dengan peran media.

"Pandemi ini agak berbeda dengan jenis-jenis bencana lain atau jenis krisis lain, krisis kesehatan yang sekarang melanda seluruh dunia membutuhkan kebijakan yang tepat di level makro dan perilaku yang benar di level mikro," kata Anies.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Media Jadi Kontrol Masyarakat dan Pemerintah

Anies menambahkan, kebijakan yang tepat tetapi tidak diiringi perilaku benar dari masyarakat, maka dapat menyebabkan pandemi Covid-19 berlangsung lama di Indonesia.

Begitu sebaliknya, kata dia, media memiliki peran sebagai kontrol bagi pemerintah dalam setiap kebijakan penanganan pandemi.

"Hanya kebijakan yang tepat saja tapi tidak diiringi perilaku mikro yang benar maka hasilnya tidak ada, sebaliknya juga begitu," ucap Anies.

"Harus ada kesamaan kesadaran harus ada kesetaraan pengetahuan, harus ada pemahaman yang tepat, dan siapa yang bisa memainkan peran itu? Teman-teman pers memiliki kesempatan untuk memainkan peran menjadi pembangun kesadaran pada semuanya bagaimana saya memakai masker," jelas Anies.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber : Merdeka

3 dari 4 halaman

3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: