Sukses

Komisi IX DPR Sambut Baik Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Anggota komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan, izin BPOM vaksinasi Covid-19 bagi lansia tersebut sudah berdasarkan hasil uji klinis.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengizinkan orang lanjut usia atau lansia untuk vaksinasi Covid-19 buatan Sinovac.

Anggota komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengatakan, izin BPOM sudah berdasarkan hasil uji klinis. Dia juga menilai hal ini sebagai kabar baik untuk menghadapi pandemi.

"Pertama ini tentu menjadi kabar baik dan harapan baru dalam rangka pengendalian Covid 19, kususnya lewat terbentuknya inumuntas kelompok di masyarakat di segala kelompok umur, dengan diberikannya izin BPOM ini melegakan kita semua," ujar Rahmad dalam keterangannya, Senin (8/2/2021).

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

Selanjutnya, Rahmad menyebut uji klinis vaksin Covid-19 terbukti aman untuk para lansia. Dia menjelaskan, izin penggunaan vaksin untuk lansia itu didasarkan atas data uji klinis di China dan Brazil.

"Dari sampel uji klinis usia 60 tahun ke atas disampaikan terbukti efektif dan keamanan bagus, serta efek samping juga sangat aman penggunanan vaksin untuk diatas 60 tahun," ucap Rahmad.

Namun, ia mengingatkan perlu adanya tes awal apakah para lansia tersebut memiliki penyakit bawaan yang berbahaya apabila divaksin atau tidak.

"Perlunya screening yang ketat Apakah para lansia ini memiliki penyakit bawaan tidak, apalagi di kampung yang jauh dari fasilitas kesehatan begitu mau vaksin ternyata ada komorbid," papar Rahmad.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Benar-Benar Dipersiapkan

Politikus PDI Perjuangan itu meminta pemerintah benar-benar mempersiapakn vaksinasi Covid-19, khususnya bagi lansia.

"Kita harapkan pemerintah bener benar mempersiapkan proses pelaksananaan di lapangan agar berjalan lancar, optimalakan proses vaksinasi agar target dr pemerintah 15 bulan benar terealisasi proses vaksinasinya," tandas Rahmad.

3 dari 3 halaman

4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.