Sukses

DKI Jakarta Akan Tambah 5 RS Rujukan Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan akan ada penambahan rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan akan ada penambahan rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 di Ibu Kota. Dia mengatakan, saat ini, RS rujukan berjumlah 101 buah yang tersebar di lima kota administrasi.

"Kita kan kemarin 101, yang lima sedang dalam proses. Karena dalam menambah itu kan konsekuensinya bagaimana tenaganya juga ada tersedia," kata Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Menurut dia, rencananya, penambahan rumah sakit rujukan Covid-19 tersebut berasal dari RS swasta.

Widyastuti juga menyatakan, Pemprov DKI terus melakukan penambahan kapasitas tempat tidur hingga jumlah tenaga kesehatan.

"Saat ini sudah diberikan kemudahan dan kami sudah mendapatkan bantuan SDM. Kadang-kadang sudah dialokasikan, katakanlah kemarin RSUD Cengkareng sudah dialokasinya 40 orang, ternyata yang akhirnya oke bergabung akhirnya baru enam," ucap Widyastuti tentang rencana penambahan RS rujukan Covid-19.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Ruang Isolasi dan ICU

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyatakan pihaknya akan menambahkan kapasitas ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU untuk perawatan pasien terkonfirmasi Covid-19.

Menurut dia, saat ini jumlah keseluruhan tempat tidur isolasi di RS rujukan Covid-19 mencapai 8.066 berdasarkan data hingga 24 Januari 2021.

"Pemprov DKI Jakarta menyiapkan rencana untuk menambah kapasitas tempat tidur isolasi sebanyak 1.941 tempat tidur. Sehingga, total nantinya sebanyak 9.996 tempat tidur," kata Widyastuti dalam keterangan tertulis, Minggu (24/1/2021).

Dia juga menyatakan rencananya kapasitas ICU juga akan ditambah hingga 1.362 tempat tidur. Sedangkan kapasitas keseluruhan untuk ICU sekarang sebanyak 1.097.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.