Sukses

Wali Kota Depok Mohammad Idris Akan Donor Plasma Konvalesen

Wali Kota Depok, Mohammad Idris akan mendonorkan Plasma Konvalesen usai sembuh dari Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Depok, Mohammad Idris akan mendonorkan Plasma Konvalesen usai sembuh dari Covid-19. Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, sudah melaksanakan tahap awal untuk persiapan donor plasma konvalesen dengan melakukan rapid test.

“Status dari rapid tes ini akan dilanjutkan dengan pengambilan darah,” ujar Idris di Depok, Senin (25/1/2021).

Idris menjelaskan, setelah dilakukan rapid test akan dilakukan pengambilan darah dan akan diperiksa di Pusat Kesehatan yakni di Kementerian Kesehatan. Setelah itu, dirinya dapat direkomendasikan untuk melakukan donor plasma konvalesen.

“Jadi nanti kita akan tunggu hasil pemeriksaan saya di laboratorium Kementerian,” terang Idris.

Idris mengaku telah siap menjalani donor plasma konvalesen untuk penanganan Covid-19. Menurutnya, donor plasma konvalesen dapat memberikan manfaat menyelamatkan jiwa masyarakat.

“Kita harus siap dalam rangka berbagi kemanfaatan kepada sesama untuk menyelamatkan jiwa sodara kita,” ucap Idris.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Depok, Dudi Miraz Imaduddin mengatakan, PMI Kota Depok telah mematangkan persiapan pelaksanaan donor plasma konvalesen. PMI Kota Depok telah mendapatkan sejumlah masyarakat yang siap melakukan donor plasma konvalesen.

“Wali Kota Depok sudah siap dan sudah dilakukan screening. Kami juga mendapatkan informasi bahwa ada satu pendonor yang telah lolos uji screening dan telah diambil plasmanya,” Kata Dudi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilaksanakan di PMI Depok

Dudi menuturkan, pelaksanaan donor plasma konvalesen akan dilaksanakan di Markas PMI Kota Depok. Terdapat perbedaan antara donor darah biasa dengan donor plasma konvalesen. Masyarakat yang melakukan donor plasma konvalesen hanya diambil plasmanya yang telah lolos uji screening.

“Jadi yang diambil itu hanya Plasmanya saja yang mengandung antibodi dan donor plasma konvalesen hanya dapat dilakukan kepada orang yang pernah terkonfirmasi positif COVID-19 yang telah sembuh,” tutup Dudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.