Sukses

Pemprov DKI: TPU Rorotan Digunakan untuk Makamkan Pasien Covid-19 Mulai Februari

Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan sejumlah lahan khusus untuk pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya yakni TPU Rorotan, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan sejumlah lahan khusus untuk pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya yakni TPU Rorotan, Jakarta Utara.

"Rencana Minggu pertama Februari mulai diopsikan ke sana (TPU Rorotan)," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Nurcahyo saat dihubungi, Senin (25/1/2021).

Ivan mengatakan, TPU Rorotan akan digunakan untuk mengimbangi kapasitas di TPU Bambu Wulung.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan rencananya TPU Rorotan dapat menampung ribuan petak makam.

"Prinsipnya kita akan menyiapkan kurang lebih 1.500 di tahap satu dan itu dalam waktu dekat ini sudah siap," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021).

Lanjut dia, saat ini Pemprov DKI Jakarta masih memprioritaskan sejumlah TPU di beberapa wilayah Ibu Kota. Seperti halnya di TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

"Di Srengseng, di Tanah Kusir, di tempat lain nanti baru kita coba masuk ke Rorotan," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TPU Bambu Apus Mulai Digunakan

Sementara itu, TPU Bambu Apus mulai digunakan untuk memakamkan pasien Covid-19 pada 21 Januari 2021.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 TPU Bambu Apus, Jakarta Timur Muhaemin menyatakan 124 jenazah telah dikebumikan dengan protokol kesehatan selama empat hari.

"Hari pertama (Kamis) ada 9 jenazah. Kemudian hari ke dua (Jumat) 37 jenazah. Selanjutnya di hari ke tiga (Sabtu) 40 jenazah dan hari ke empat (Minggu) 38 jenazah," kata Muhaemin saat dihubungi, Senin (25/1/2021).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka lahan baru untuk jenazah pasien Covid-19 di tempat pemakaman umum (TPU) Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Tempat pemakaman tersebut seluas 3.000 meter persegi.

"Hari ini baru dimulai (pembukaan lahan baru). Jadi, untuk sementara jenazah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon dialihkan ke TPU Bambu Apus," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Muhaemin, di Jakarta, Kamis 21 Januari 2021, dikutip dari Antara.

Muhaemin mengatakan, lahan baru tersebut telah ditetapkan Pemprov DKI sebagai tempat pemakaman dengan prosedur Covid-19 sebab lahan di TPU Pondok Ranggon telah penuh sejak akhir 2020.

Sebelum lahan baru tersebut dibuka, jenazah pasien Covid-19 yang dirujuk rumah sakit untuk dimakamkan di Pondok Ranggon terpaksa dialihkan ke TPU Tegal Alur, Jakarta Barat atau TPU Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.