Sukses

HPN 2021, Ini Harapan Sejumlah Pihak Untuk Media Massa Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh mengharapkan agar saat pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dapat menjadi momentum media massa untuk bertransformasi, salah satunya terkait perkembangan teknologi digital.

Kata dia, dengan perkembangan teknologi digital tidak hanya sebagai support tetapi juga dapat dijadikan sebagai perubahan perilaku para jurnalis.

"Kita mendorong peran dari kawan jurnalis untuk perubahan perilaku. Alhamdulillah sudah berlangsung (saat pandemi) ini bisa dikembangkan lagi sampai ada perubahan perilaku," kata Nuh dalam siaran langsung TVRI, Rabu (20/1/2021).

Selain itu, dia menyatakan media massa juga berperan dalam memberikan optimisme masyarakat saat menghadapi pandemi Covid-19.

"Enggak bisa urusan Covid-19 diselesaikan oleh pemerintah, tapi harus bersama-sama. Harus ada kebersamaan yang menimbulkan empati publik," ucapnya.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Widodo Muktiyo menyatakan peran jurnalis sangat membantu terkait berita tidak benar atau hoaks saat pandemi Covid-19.

"Hingga saat ini ada 1.360 berita hoaks terkait Covid-19 yang tersebar di masyarakat," kata dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan media massa terus belajar semenjak adanya pandemi Covid-19 yang menjadi fenomena baru untuk semua kalangan. Yakni mulai dari pemerintah, tenaga medis, hingga masyarakat.

"Sebab hingga saat ini para tenaga medis juga terus belajar mengenai Sars Cov 2, Covid, dan pandemi. Kita banyak belajar dari kota-kota yang terlebih dulu menghadapi Covid-19," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Wartawan Dapat Penghargaan

Sementara itu, sejumlah wartawan mendapatkan penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro dalam memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020 yang akan diselenggarakan pada 9 Februari 2021 di Jakarta.

Penanggung Jawab HPN 2021, Atal S Depari menyatakan penghargaan Adinegoro merupakan penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia. Hal tersebut disampaikannya melalui live di stasiun TVRI, Rabu (20/1/2021).

Kata dia, terdapat kategori Indepth Reporting, Foto Jurnalistik, Karikatur Jurnalistik, Jurnalistik Media Televisi, Jurnalistik Media Radio, dan Jurnalistik Media Online atau Siber.

Untuk kategori indepth reporting untuk media siber, Liputan6.com memenangkan penghargaan.

"Kategori siber diberikan kepada tim Liputan6.com Jonathan P Purba, Windi Wicaksono dengan judul vaksinasi momentum Indonesia bangkit dari pandemi Covid-19," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: