Sukses

ICJR Berharap Calon Kapolri Listyo Sigit Berani Mereformasi Polri

Liputan6.com, Jakarta Direktur Eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) Erasmus Napitupulu berharap jika Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri terpilih, maka harus berani mereformasi Polri.

"Kapolri selanjutnya harus berani dalam mereformasi institusi kepolisian sebagai bagian mendukung nilai-nilai demokrasi, seperti halnya dalam menahan diri khususnya dalam kasus-kasus yang berkaitan dengan kebebasan berekspresi dan berpendapat," kata Erasmus, Selasa (19/1/2021).

Karena itu, diharapkan Listyo bisa membawa Polri mengedepankan prinsip akuntabilitas. "Kapolri yang terpilih selanjutnya harus memastikan bahwa prinsip akuntabilitas dijalankan oleh Institusi Polri," ujar Erasmus.

Selain bisa menerima masukan publik, diharapkan Listyo Sigit saat menjadi Kapolri mampu memberantas praktek korupsi di tubuh Polri. Seperti contoh kecil yakni menghilangkan pungutan liar.

"Masyarakat masih menilai bahwa praktek suap dan pungutan liar masih terjadi ketika berurusan dengan Polisi," jelas Erasmus.

 

2 dari 3 halaman

Dinilai Tepat Jadi Kapolri

Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memilih Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri. Mantan Kapolri Tito Karnavian angkat bicara akan hal ini.

Menurut dia, sosok Listyo Sigit seorang yang cerdas, serta memiliki kematangan menjadi Kapolri. Selain pernah menjadi Kapolda, yang bersangkutan juga menjadi Kabareskrim.

"Beliau mempunyai pengalaman yang saya belum punya, yaitu pengalaman sebagai ajudan presiden. Otomatis Beliau paham tentang ini, political landscape, tentang politik yang jauh lebih baik daripada saya, dan Beliau juga memiliki pribadi yang baik," kata Tito di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (18/1/2021).

Dia pun memuji pribadi dari sosok Listyo yang dinilainya santun. "Pribadi yang santun, pribadi yang merangkul, termasuk kemampuan Beliau merangkul semua pihak, senior, junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Tapi juga saya tahu Pak Sigit sangat tegas, sikap Beliau sangat tegas sekali," jelas Tito.

Mantan orang nomor satu di lingkungan Polri ini menilai Listyo sosok yang tepat dan siap menjadi Kapolri.

"Pak Sigit sangatlah tanggap dan sudah sangat siap untuk menjadi Kapolri. Saya doakan semoga prosesnya lancar, dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik," kata Tito.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: